Syaharani: Lintas Generasi

Kompas.com - 13/02/2017, 10:30 WIB
Penyanyi jazz Syaharani berpose ketika menghadiri pergelaran Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards ke-19 di The Ecovention Ocean Park, Ancol, Jakarta, Rabu (28/9/2016). KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOPenyanyi jazz Syaharani berpose ketika menghadiri pergelaran Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards ke-19 di The Ecovention Ocean Park, Ancol, Jakarta, Rabu (28/9/2016).
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi jazz Syaharani sangat bijak dalam menyikapi perbedaan pandangan antargenerasi.

Setiap generasi, menurut dia, membawa spirit baru, tetapi selalu ada kesamaan dengan generasi sebelumnya. Setiap generasi khas dan istimewa sebagai penerus sekaligus pencipta warisan budaya.

"Komunikasi paling penting dalam bekerja sama. Komunikasi yang mendasar, berjumpa, diskusi, latihan bersama, bukan hanya via sosmed (meskipun itu bisa membantu), itu yang saya usahakan selalu," kata Syaharani.

Kemampuan memahami karakter lintas generasi sangat dibutuhkan karena penggemarnya pun sangat beragam.

"Saya sementara ini hanya cek dari Facebook page 'syaharani4u' yang baru mencapai sekitar 46 K, tertinggi di usia 18-34. Tentu ini bukan satu-satunya input, karena kalau manggung generasi X banyak yang hadir," kata Syaharani.

Terlahir sebagai generasi X, Syaharani merasa generasinya rata-rata masih rajin update karya dan mengikuti perkembangan informasi, hanya saja lebih banyak pertimbangan dalam mengambil keputusan.

"Khusus X, kedalaman pengolahan ide datang dari kematangan pola pikir, merespons, dan bersikap, menjadi kekuatan," ujarnya.

Memandang generasi milenial, Syaharani melihat mereka memiliki adrenalin yang masih deras mengalir, gelora semangat, independen, kepercayaan diri yang tinggi, ekspresif, dan responsif.

"Hal-hal yang cocok dari generasi milenial dan X adalah energi menghasilkan semangat berkarya," kata Syaharani. (WKM)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 12 Februari 2017, di halaman 16 dengan judul "Lintas Generasi".



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X