Meditasi Warna Ayu Laksmi

Kompas.com - 19/02/2017, 16:30 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Selain menyanyi, Ayu Laksmi (50) juga punya kebiasaan lain. Ia selalu tergerak melihat lelehan cat, secepat kilat tangannya memulas-mulas seperti pelukis profesional.

"Melukis itu bagi saya meditatif. Melukis itu menenangkan pikiran," ujar Ayu, Sabtu (18/2/2017), saat berkabar dari Bali. Mula-mula, cerita Ayu, ia menggambar dengan sisa-sisa cat renovasi rumahnya.

"Saya melukis di kardus, ha-ha-ha."

Sekarang, penyanyi bernama panjang I Gusti Ayu Laksmiyani ini banyak melukis di kanvas.

"Pertama kali, saya melukis pepohonan bambu yang banyak tumbuh di sekitar rumah saya. Sekarang, banyak tema lukisan saya tentang perempuan dan air," kata Ayu.

Mengapa perempuan? Mengapa air?

"Ketika perempuan makin dihargai, negara akan gemah ripah loh jinawi (makmur dan sejahtera). Dan, mengapa air? Kita harus hidup dinamis seperti air," ujar Ayu berfilosofi.

Ayu dikenal sebagai seniman multitalenta. Selain menyanyi, ia juga menulis lagu, menari, bermain film dan teater, serta penekun yoga dan meditasi.

Pada 28 Februari ini, ia berangkat ke India untuk mengikuti festival yoga internasional atas dukungan Kementerian Pariwisata.

Melukis dan yoga, bagi Ayu, memiliki kesamaan, yaitu sifatnya yang meditatif atau menenangkan pikiran. Namun, melukis bisa lebih fleksibel. Melukis bisa di mana saja dan kapan saja. Kapan lukisan Ayu mau dipamerkan?

"Wah, saya belum berani pameran lukisan. Saya masih ingin belajar dari pelukis profesional," ujar Ayu. (NAW)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 19 Februari 2017, di halaman 16 dengan judul "Meditasi Warna".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.