Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meditasi Warna Ayu Laksmi

Kompas.com - 19/02/2017, 16:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Selain menyanyi, Ayu Laksmi (50) juga punya kebiasaan lain. Ia selalu tergerak melihat lelehan cat, secepat kilat tangannya memulas-mulas seperti pelukis profesional.

"Melukis itu bagi saya meditatif. Melukis itu menenangkan pikiran," ujar Ayu, Sabtu (18/2/2017), saat berkabar dari Bali. Mula-mula, cerita Ayu, ia menggambar dengan sisa-sisa cat renovasi rumahnya.

"Saya melukis di kardus, ha-ha-ha."

Sekarang, penyanyi bernama panjang I Gusti Ayu Laksmiyani ini banyak melukis di kanvas.

"Pertama kali, saya melukis pepohonan bambu yang banyak tumbuh di sekitar rumah saya. Sekarang, banyak tema lukisan saya tentang perempuan dan air," kata Ayu.

Mengapa perempuan? Mengapa air?

"Ketika perempuan makin dihargai, negara akan gemah ripah loh jinawi (makmur dan sejahtera). Dan, mengapa air? Kita harus hidup dinamis seperti air," ujar Ayu berfilosofi.

Ayu dikenal sebagai seniman multitalenta. Selain menyanyi, ia juga menulis lagu, menari, bermain film dan teater, serta penekun yoga dan meditasi.

Pada 28 Februari ini, ia berangkat ke India untuk mengikuti festival yoga internasional atas dukungan Kementerian Pariwisata.

Melukis dan yoga, bagi Ayu, memiliki kesamaan, yaitu sifatnya yang meditatif atau menenangkan pikiran. Namun, melukis bisa lebih fleksibel. Melukis bisa di mana saja dan kapan saja. Kapan lukisan Ayu mau dipamerkan?

"Wah, saya belum berani pameran lukisan. Saya masih ingin belajar dari pelukis profesional," ujar Ayu. (NAW)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 19 Februari 2017, di halaman 16 dengan judul "Meditasi Warna".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com