Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cornelia Agatha, Lakon Pelacur, dan Kepahitan Hidup

Kompas.com - 23/02/2017, 19:25 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Cornelia Agatha memainkan lakon pelacur dalam pementasan Teater Koma berjudul Opera Ikan Asin. Kata perempuan yang akrab disapa Lia itu, kisah kepahitan kehidup yang ia angkat lewat perannya.

"Sama sebagai Yeyen. Saya perankan seorang pelacur. Tapi yang menarik bukan sisi sensualitas, tapi kepahitan hidupnya," ujar Lia saat jumpa pers di Balai Latihan Kesenian Jakarta, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (23/2/2017).

Tidak ada masalah bagi Lia untuk memerankan karakter tersebut. Ia bahkan pernah memerankan berbagai macam karakter, mulai dari hantu, raksasa, putri, dan ratu pada pementasan teater.

"Kalau sekarang pelacur bukan pecicilan yang mengubah sensulitas. Tapi, gimana saya bisa menampilkan sosok Yeyen secara mahal," kata dia.

Lia butuh waktu dua bulan untuk 'melalap' porsi latihan peran yang diberikan. Ia menghabiskan waktu sejak pagi hingga malam.

Tidak hanya berakting, Lia juga dituntut untuk bernyanyi. Menurut dia, bernyanyi untuk teater berbeda dari nyanyian pada umumnya.

"Saya latihan dua bulanan. Saya bawain empat lagu. Yang susah itu lagu 'Akulah Yeyen'. Dari bangun tidur sampai di mobil saya nyanyi terus. Sampai orang disekitar saya hapal. Lagu itu bercerita dan panjang. Kalau salah satu lirik aja akan berubah," ujarnya.

Pementasan Opera Ikan Asin akan digelar di Ciputra Artpreneur, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, pada 2 hingga 5 Maret 2017. Pementasan itu digelar untuk merayakan 40 tahun Teater Koma berdiri.

Cerita Opera Ikan Asin merupakan produksi 147 Teater Koma. Ceritanya disadur dari lakon karya Bertolt Brecht dengan komposisi musik dari Kurt Weill yang kemudian diadaptasi oleh sutradara Nano Riantiarno. Latar peristiwa yang sesungguhnya adalah abad ke-19 di London, digeser pada abad ke-20 di Batavia, tepatnya di zaman Hindia Belanda.

Sederet pemain yang terlibat dalam pementasan itu adalah Budi Ros, Cornelia Agatha, Sari Madjid Prianggoro, Alex Fatahillah, Asmin Timbil, Raheli Dharmawan, dan beberapa pemain lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com