Elephant Kind Bergerilya Sendiri - Kompas.com

Elephant Kind Bergerilya Sendiri

Kompas.com - 27/02/2017, 18:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Meracik musik tak melulu jadi satu-satunya pekerjaan band.

Bagi band Elephant Kind, mengatur jadwal, merancang proyek, hingga mendistribusikan album secara mandiri memberikan tantangan tersendiri.

Kelompok bercorak urban pop ini baru membentuk manajemen sendiri bernama Cubs Club.

"Kebetulan kontrak dengan manajemen sebelumnya baru selesai. Kami putuskan saja belajar mengurusi manajemen sendiri," kata Bam Mastro, vokalis dan gitaris Elephant Kind, di Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Selain Bam, band ini diperkuat oleh Dewa Pratama pada gitar dan synthesizer serta Bayu Adisapoetra pada drum. Instrumen bas dimainkan oleh personel tambahan Kevin Septanto. Mereka semua berbagi peran di manajemen Cubs Club.

Elephant Kind terbentuk pada 2014 dan telah menghasilkan dua album pendek. Satu album penuhnya, City J, terbit pada September tahun lalu.

Mereka menangani sendiri penjualan album lewat situs mereka.

"Menjual album lewat internet itu lebih praktis," kata Bayu.

Mereka tetap membawa album fisik berbentuk cakram padat pada setiap pentasnya. Selain album, buah tangan berupa kaus juga tersedia.

"Jualan di venue itu asyik juga. Banyak orang yang beli CD sekalian kaus karena melihat langsung barangnya," kata Bayu. (HEI)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 27 Februari 2017, di halaman 32 dengan judul "Bergerilya Sendiri".


EditorAti Kamil

Close Ads X