Piyu "Padi" Peroleh Royalti Tertinggi

Kompas.com - 07/03/2017, 18:02 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Gitaris band Padi, Satrio Yudi Wahono alias Piyu, menjadi artis musik yang memperoleh royalti tertinggi dari 315 anggota Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (LMK PAPPRI).

Royalti ini ia peroleh dari penggunaan lagu-lagu yang ia ciptakan atau tampilkan di tempat-tempat karaoke sepanjang 2016 lalu.

"Untuk royalti 2016, yang mendapatkan royalti tertinggi adalah Piyu dengan perolehan royalti sejumlah Rp 29 juta sudah dipotong pajak," ucap Ketua PAPPRI, Dwiki Dharmawan, di gedung Smesco, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2017) sore.

Lalu musisi kedua yang menerima royalti tertinggi adalah gitaris band Jamrud, Aziz MS, dengan nilai Rp 28 juta.

Untuk angka royalti paling minimal berkisar Rp 1.700.000 - Rp 3.000.000.

"Itu berdasarkan lock sheet dari karaoke tersebut. Karaoke kami hitung berdasarkan lock sheet yang dikeluarkan oleh karaoke-karaoke yang memutarkan lagu tiap hari. Dari lock sheet itu dihitung poin-poinnya selama setahun," ujar Dwiki.

"Kami terbuka, kami dicek akuntan publik bersertifikat. Di sini tidak ada yang ditutupi. Saat ini kami sumber dananya baru dari karaoke, sebanyak Rp 1.135.000.000," tambahnya.

Sebagai informasi, Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta mengatur bahwa pengumpulan royalti yang semula hanya dilakukan untuk pencipta lagu lagu saja, diperluas lingkupnya meliputi penyanyi dan pemain musiknya juga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.