Penyanyi Rap Akon Akan "Terangi" Pedalaman Indonesia

Kompas.com - 08/03/2017, 18:47 WIB
Penyayi RAP, Aliaune Damala Akon Thiam alias AKON menunjukkan cinderamata dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa saat mini konser AKON di Kementerian Sosial dalam rangka program AKON Terangi Suku Anak Dalam, Orang Rimba, dan Komunitas Adat Terpencil, Rabu (8/3/2017). Program donasi AKON bagi Suku Anak Dalam tersebut mencangkup instalasi peralatan pembangkit listrik tenaga matahari di tiap rumah dan mempromosikan penghematan energi. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOPenyayi RAP, Aliaune Damala Akon Thiam alias AKON menunjukkan cinderamata dari Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa saat mini konser AKON di Kementerian Sosial dalam rangka program AKON Terangi Suku Anak Dalam, Orang Rimba, dan Komunitas Adat Terpencil, Rabu (8/3/2017). Program donasi AKON bagi Suku Anak Dalam tersebut mencangkup instalasi peralatan pembangkit listrik tenaga matahari di tiap rumah dan mempromosikan penghematan energi. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi rap Aliaune Damala Akon Thiam alias Akon, akan membantu memberikan penerangan untuk pemukiman komunitas adat terpencil di Indonesia.

Sebagai informasi, pria asal AS itu membuat program sosial bernama "Akon Lighting Africa" sejak 2013 yang membantu mengalirkan listrik dari rumah ke rumah.

Karena itu, Akon digandeng oleh Kementerian Sosial untuk melakukan hal yang sama di pedalaman Indonesia yang belum terjangkau listrik.

"Senang rasanya karena sekarang kita bisa bekerja bersama menyediakan listrik tak hanya di Afrika, tapi juga orang di luar sana. Untuk di kawasan Asia, Indonesia akan menjadi pilot project," kata Akon dalam konferensi pers sebelum penandatanganan nota kesepahaman atau MoU di gedung Kemensos, Rabu (8/3/2017).

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menimpali, program sosial Akon ini sejalan dengan program percepatan elektrifikasi desa yang tengah digencarkan pemerintah.

Dengan begitu, Kementerian Sosial bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi serta Yayasan Dwiyuna Jaya Foundation akan memberikan fasilitas kepada pelantun "Lonely" itu untuk menjalankan program "Akon Lighting" di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Program tersebut meliputi penyediaan instalasi peralatan pembangkit listrik tenaga matahari di tiap rumah dan sosialisasi penghematan energi.

"Listrik yang dihasilkan tidak akan membebani karena mengandalkan cahaya matahari. Tidak perlu membayar setiap bulannya. Alat yang digunakan bisa bertahan hingga 10 tahun lamanya," ucap Khofifah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.