Dwiki Dharmawan: Musik Bisa Jadi Perekat

Kompas.com - 09/03/2017, 09:08 WIB
Dwiki Dharmawan selaku Ketua PAPPRI diabadikan usai penyerahan royalti kepada 315 penyanyi dan pemusik anggota PAPPRI di gedung Smesco, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2017) sore. KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGDwiki Dharmawan selaku Ketua PAPPRI diabadikan usai penyerahan royalti kepada 315 penyanyi dan pemusik anggota PAPPRI di gedung Smesco, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2017) sore.
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggal 9 Maret 2017 diperingati sebagai Hari Musik Nasional. Salah seorang musisi kawakan Indonesia, Dwiki Dharmawan, berharap musik bisa menjadi alat pemersatu.

"Musik itu bisa jadi perekat persatuan bangsa Indonesia. Dalam musik itu tidak ada SARA atau perbedaan, kami semua orang musik bersatu," kata Dwiki dalam wawancara di gedung Smesco, Selasa (7/3/2017).

Orang-orang juga dapat menggunakan musik sebagai media penyampaian pesan-pesan positif, entah itu bermuatan ajakan perdamaian atau pun kampanye sosial. Seperti yang sudah dilakukan selama ini.

[Baca: Peringatan Hari Musik Nasional, Industri Musik di Era Digital]

 

"Misalnya promosikan anti narkotika. Musik itu bisa masuk ke mana-mana, berdayakan lagi," ucap Dwiki.

Masih dalam rangka Hari Musik Nasional, dari sisi industri, suami penyanyi Ita Purnamasari ini juga berharap agar musik Indonesia dapat terus naik kelas, terutama di kancah internasional.

"Dalam Hari Musik Nasional kami harapkan musik menjadi salah satu industri kreatif yang bisa lebih berkembang lagi secara industrinya, baik secara nasional maupun internasional," kata Dwiki.

"Diharapkan dengan musik, bisa lebih memperkenalkan Indonesia di forum-forum internasional. Dalam menyangkut masalah masyarakat ekonomi ASEAN dalam hal edukasi musik, diharapkan Indonesia menjadi yang terdepan," tambahnya.

Tak hanya berkembang secara musikalitas, Dwiki menekankan penghormatan terhadap karya juga tak luput untuk diperhatikan selepas Hari Musik Nasional tahun ini dan untuk seterusnya.

"Kamu ingin industri musik lebih sehat lagi. Kita harus memberantas pembajakan, ilegal dowload. Kita harus memberikan penyadaran kepada masyarakat agar bisa menghargai dan mengapresiasi, supaya industrinya hidup. Musik ini penuh dengan kerja keras," kata Dwiki.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X