Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Musik Nasional 2017, Iwan Fals Bicara Soal Lagu Anak

Kompas.com - 09/03/2017, 22:51 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Hari Musik Nasional 2017, Kami (9/3/2017), digunakan oleh artis musik Iwan Fals (55) untuk berbicara mengenai lagu anak.

Iwan mengatakan bahwa kini jarang lahir lagu baru untuk anak. Namun, ia mengaku tak khawatir, karena yakin tetap akan ada orang-orang dewasa yang memikirkan hal itu demi anak.

"Manusia kan makhluk yang paling gampang beradaptasi. Saya enggak khawatir soal itu. Ada orang-orang dewasa yang harus memberikan yang terbaik buat anak-anak. Saya yakin akan ada lagu anak-anak yang lahir nanti," ucap Iwan ketika ditemui dalam sebuah kegiatan di kawasan Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Menurut Iwan, jika ingin membangkitkan keberadaan lagu anak dan mencita lagu anak, orang dewasa haruslah memahami kepribadian dan keinginan anak itu sendiri.

"Kalau bicara anak-anak, harus tahu anak-anak itu apa. Jangan merasa sok tahu tentang anak, tapi kita enggak mau tahu tentang anak, kita enggak mau bertanya ke anak," tutur ayah tiga anak ini.

Bahkan, Iwan menyebut bahwa sebenarnya orangtua bisa berperan dalam memilih dan mencipta lagu untuk anak.

"Buru-buru sadar orangtuanya, untuk memberikan yang terbaik untuk anak. Nomor satu itu, amanat Tuhan, lho," ujarnya.

"Kalau kita komunikasi lancar dengan anak, bakal gampang. Anak-anak enggak tahu apa-apa. Jadi, sangat bergantung pada orangtua. Orangtua menurut saya kondisinya lagi gegar budaya, karena peralihan zaman terlalu cepat, kaget juga. Padahal kan anak tumbuh alami," tuturnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com