Kunto Aji: Yang Netral Saja, Jangan Bernada Menyerang

Kompas.com - 15/03/2017, 19:30 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com- Vokalis Kunto Aji mengingatkan agar selebritas pengguna media sosial untuk berhati-hati dalam mengeluarkan pendapat mereka yang berkait dengan isu politik atau agama.

Jika salah sedikit, kata Kunto, ujung-ujungnya justru akan menjadi korban olok-olok netizen.

"Kalau mengungkapkan pendapat itu yang netral aja. Jangan bernada menyerang," ujar Kunto kepada awak media ketika menghadiri peluncuran singel OM PMR di NoName Cafe, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (15/3/2017).

"Ini era digital. Bullying itu berpindah dari dunia nyata ke media sosial dan ternyata dampaknya ke dunia nyata lagi," lanjut dia.

Daripada menyatakan pendapat melalui media sosial, Kunto justru lebih suka melakukannya langsung dengan berkumpul dan bertatap muka.

"Kalau saya kalau ingin berpendapat habiskan di meja bundar atau kumpul dengan orang-orang yang kompeten. Itu lebih baik. Kalau pun mau unek-unek di akun yang bersifat pribadi, misalnya kayak Path, itukan bisa privasi," ujar dia.

Namun, Kunto tak akan mencegah mereka yang tetap ingin bercuap-cuap melalui media sosial.

"Ya saya hanya bisa mendoakan. Itu pilihan mereka. Itu pilihan mereka dan mereka tahu konsekuensinya ya dan mereka sudah bisa menghadapi. Saya lebih suka hidup damai," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.