Livi Zheng, Dosen di Almamater

Kompas.com - 21/03/2017, 15:00 WIB
Livi Zheng, sutradara, produser, dan bintang film Brush with Danger asal Indonesia, berpose di sela sesi wawancara oleh Kompas.com, Jakarta, Jumat (30/10/2015). Brush with Danger akan menjadi film layar lebar perdana arahan sutradara kelahiran Indonesia yang mengenyam pendidikan di Amerika Serikat tersebut. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMOLivi Zheng, sutradara, produser, dan bintang film Brush with Danger asal Indonesia, berpose di sela sesi wawancara oleh Kompas.com, Jakarta, Jumat (30/10/2015). Brush with Danger akan menjadi film layar lebar perdana arahan sutradara kelahiran Indonesia yang mengenyam pendidikan di Amerika Serikat tersebut.
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Baru beberapa bulan menyelesaikan pendidikan S-2 produksi film di Amerika Serikat, sineas Livi Zheng (27) ditawari menjadi dosen di almamaternya, University of Southern California.

Setelah berpikir panjang, sutradara Brush with Danger—film yang masuk daftar layak pilih untuk Academy Awards ke-87—itu mengiyakan.

"Jadilah aku sekarang dosen tidak tetap di University of Southern California (USC). Selain di USC, aku juga dosen tidak tetap di Los Angeles City College, New York Film Academy, dan Chapman University," ujar putri dari pasangan Gunawan-Lucy itu, Sabtu (18/3/2017).

Perempuan kelahiran Malang, Jawa Timur, yang bermukim di AS, itu mengatakan, sebagai dosen ia harus lebih rajin belajar dibandingkan dengan mahasiswanya.

"Kalau aku terus berkarya, kan, jadi ter-update ilmu dan pengetahuan aku, juga teknologi dan peraturan baru perfilman. Aku juga sering bertemu dengan para pembuat film sehingga bisa tukar pikiran, selain ke pameran dan workshop, mempelajari hal-hal baru," kata Livi.

"Sutradara, apalagi dosen, memang harus mengikuti kemajuan teknologi dan selalu meng-update apa saja terkait dengan film," kata Livi, yang empat-lima kali seminggu nge-gym selama dua jam agar tetap bugar dan segar. (HAR)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 21 Maret 2017, di halaman 32 dengan judul "Dosen di Almamater".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.