Mira Lesmana Persiapkan Film tentang Chairil Anwar

Kompas.com - 21/03/2017, 20:49 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser Mira Lesmana mengatakan tahun depan dirinya akan membuat sebuah film tentang kisah hidup penyair Chairil Anwar.

"Kita akan shooting tahun depan, 2018. Insya Allah," kata Mira saat ditemui pada jumpa pers Indonesian Box Office Movie Awards 2017 di Senayan City, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

 

Mira mengatakan keinginan untuk membuat film tentang Chairil Anwar sudah ada sejak lama.

"Dari semenjak Rangga (tokoh film Ada Apa Dengan Cinta?) megang buku 'Aku'-nya Chairil Anwar itu sebenernya udah pengin, tapi cuma butuh waktu aja," ungkap Mira.

Mira mengungkap saat ini proyek film Chairil Anwar tersebut sedang dalam tahap pematangan cerita. Pemeran utamanya pun belum dipilih.

"Kita mau siapa pun aktornya (harus) casting dulu. Ceritanya masih terus kita tajamkan. (Unsur) dramanya pasti kita perhatikan," lanjut Mira.

Rencana pembuatan film tentang Chairil Anwar itu sebelumnya diungkap oleh rekan Mira, Riri Riza.

"Sebenarnya kami rencanakan (memproduksi film) Chairil Anwar," kata Riri saat ditemui Kompas.com pada pemutaran perdana film Interchange di Jakarta pada 23 Februari 2017.

Ketika itu Riri mengatakan, film tentang Chairil Anwar itu memerlukan masa persiapan yang panjang.

[Baca: Riri Riza Akan Angkat Kisah Hidup Chairil Anwar ke Layar Lebar]

Sebagai informasi, Chairil Anwar mulai terkenal dalam dunia sastra sejak puisinya yang berjudul Nisan dimuat pada 1942. Ketika itu usianya masih 20 tahun.

Karya-karya puisinya bermuatan pemberontakan, kematian, individualisme, dan eksistensialisme.

Namun, pada usia 27 tahun Chairil Anwar tutup usia karena penyair tifus dan paru-paru. Selama hidupnya ia telah Selama hidupnya, Chairil telah menghasilkan 70 karya puisi. Salah satu yang paling terkenal adalah "Aku".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.