Hanung Bramantyo Hentikan Riset Film "Kartini"

Kompas.com - 21/03/2017, 22:09 WIB
Hanung Bramantyo menceritakan soal pembuatan film barunya ketika dijumpai usai acara peluncuran trailer dan soundtrack film Kartini di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINAHanung Bramantyo menceritakan soal pembuatan film barunya ketika dijumpai usai acara peluncuran trailer dan soundtrack film Kartini di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2017).
|
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara Hanung Bramantyo (41) dipercaya untuk menggarap film Kartini. Film ini mengisahkan perjuangan RA Kartini dalam memperoleh pendidikan dan memperjuangkan hak-haknya sebagai perempuan.

Dalam acara peluncuran trailer dan soundtrack film Kartini di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2017), Hanung mengungkapkan bahwa dirinya akhirnya menghentikan riset film ini.

Lanjut Hanung, ia mengambil langkah itu karena khawatir penggarapan film ini akan memakan waktu lebih dari yang sudah ditentukan, lantaran cerita film ini menjadi melebar ke mana-mana.

"Sebetulnya kalau didalami terus, enggak akan pernah selesai. Namanya juga riset, gali harta karun. Makin diriset, makin digali, makin banyak," ujarnya.

Oleh karena itu, ia menghentikan riset dan fokus pada kebutuhan film saja.

"Makanya distop. Berdasarkan kebutuhan saja. Saya ambil part (Kartini) di umur 14-22 tahun, saat dia dinikahin. Episode di Rembang udah enggak diceritain lagi," terangnya.

Hanung menambahkan bahwa film ini bukan bercerita soal kehidupan pribadi Kartni saja sebagai perempuan yang menikah dengan pria yang sudah beristri tiga.

"Bukan cuma soal pernikahan, poligami, Kartini mau dinikahin dan jadi istri keempat. Ada hal yang lebih mendasar lagi," terangnya lagi.

"Teman-teman harus nonton," pesannya kepada semua yang hadir.

Film Kartini akan hadir lebih awal di gedung-gedung bioskop, yakni dari 21 April 2017 menjadi 19 April 2017.

Sederet artis peran ternama turut bermain dalam film ini, yaitu Dian Sastrowardoyo, Reza Rahadian, Ayushita, Acha Septriasa, Christine Hakim, Deddy Sutomo,dan Adinia Wirasti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.