Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayushita Mengakrabkan Diri dengan Kain dan Sanggul

Kompas.com - 29/03/2017, 22:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Ayushita Nugraha mengubah penampilannya yang modern menjadi perempuan ayu mengenakan kain dengan rambut disanggul demi mendalami karakter dalam film Kartini.

Dalam film biopic perdananya, Ayushita berperan sebagai Kardinah, adik kandung Kartini.

"Aku membiasakan diri pakai kain, sanggulan, dari sejak proses reading dan latihan," kata Ayushita dalam siaran pers.

[Baca juga: Ayushita Bakal Absen dari Dunia Tarik Suara]

Selain penampilan, ia juga memosisikan diri sebagai perempuan Jawa dahulu kala yang berpikir hidup hanya punya satu tujuan, yakni menikah.

Untuk mengetahui seperti apa sosok Kardinah, Ayushita melakukan riset sendiri serta membaca berbagai buku referensi yang dipinjamkan Dian Sastrowardoyo si pemeran Kartini.

"Kalau di film Kartini ada adegan Kartini memberikan buku ke adik-adiknya untuk dibaca, persis seperti itulah yang terjadi di dunia nyata waktu persiapan film ini," papar dia.

Pemahamanannya mengenai Kardinah semakin mantap ketika ada keluarga adik Kartini itu yang berkunjung ke lokasi shooting dan bercerita panjang lebar mengenai beliau.

"Bu Kardinah berumur panjang, dibanding saudara-saudaranya yang lain. Dan tidak berhenti sampai di situ, di Tegal ada rumah sakit Ibu Kardinah. Jadi hidupnya memang dihabiskan untuk membuat kehidupan orang lain menjadi lebih baik."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com