Ayushita Mengakrabkan Diri dengan Kain dan Sanggul

Kompas.com - 29/03/2017, 22:57 WIB
Ayushita Nugraha dalam pembuatan film Kartini. Legacy PicturesAyushita Nugraha dalam pembuatan film Kartini.
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Ayushita Nugraha mengubah penampilannya yang modern menjadi perempuan ayu mengenakan kain dengan rambut disanggul demi mendalami karakter dalam film Kartini.

Dalam film biopic perdananya, Ayushita berperan sebagai Kardinah, adik kandung Kartini.

"Aku membiasakan diri pakai kain, sanggulan, dari sejak proses reading dan latihan," kata Ayushita dalam siaran pers.

[Baca juga: Ayushita Bakal Absen dari Dunia Tarik Suara]

Selain penampilan, ia juga memosisikan diri sebagai perempuan Jawa dahulu kala yang berpikir hidup hanya punya satu tujuan, yakni menikah.

Untuk mengetahui seperti apa sosok Kardinah, Ayushita melakukan riset sendiri serta membaca berbagai buku referensi yang dipinjamkan Dian Sastrowardoyo si pemeran Kartini.

"Kalau di film Kartini ada adegan Kartini memberikan buku ke adik-adiknya untuk dibaca, persis seperti itulah yang terjadi di dunia nyata waktu persiapan film ini," papar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemahamanannya mengenai Kardinah semakin mantap ketika ada keluarga adik Kartini itu yang berkunjung ke lokasi shooting dan bercerita panjang lebar mengenai beliau.

"Bu Kardinah berumur panjang, dibanding saudara-saudaranya yang lain. Dan tidak berhenti sampai di situ, di Tegal ada rumah sakit Ibu Kardinah. Jadi hidupnya memang dihabiskan untuk membuat kehidupan orang lain menjadi lebih baik."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.