Kata Tatjana Saphira, "Bullying" Dapat Menumbuhkan Percaya Diri

Kompas.com - 01/04/2017, 20:44 WIB
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain film Stip dan Pensil, Tatjana Saphira (19), berpendapat bahwa bullying dapat membuat orang semakin percaya diri. Mengapa?

"Iya dapat membuat pribadi kita lebih kuat lagi, bagaimana caranya menangkal omongan-omongan buruk dan yang paling penting menumbuhkan rasa percaya diri," ucapnya saat diwawancarai di redaksi Kompas.com, Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (31/03/2017).

Perempuan yang akrab disapa Tata itu mengaku pernah menjadi korban bullying semasa sekolah karena kemampuan menari yang dimilikinya.

"Jadi ada beberapa kakak kelas yang tidak suka kalau melihat adik kelas yang suka melakukan hal-hal kegiatan yang suka mereka lakukan juga, yaitu salah satunya dance di sekolah. Disindir-sindir terus, dimarah-marahin, padahal tarianku sama mereka pun jauh berbeda," ucapnya.

Bagi Tata, menari adalah salah satu ekspresi diri dan tak sepantasnya dilarang.

"Ya harusnya kakak kelas itu tidak boleh seperti itu sih, karena itu membuat adik-adik kelasnya jadi takut ya," tambahnya.

Ia juga bercerita tentang kakak kelas minta dibelikan jajanan dan diberi uang. Hal ini dijadikan pelajaran berharga bagi Tata agar tidak seperti itu ke adik kelasnya.

"Ya ini sih menjadi pelajaran sendiri bagiku ketika aku diposisi kakak kelas aku tidak seperti kakak kelasku itu, aku baik sama adik-adik kelasku," ucapnya. (Cynthia Lova)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.