Kata Fitri Karlina, Julia Perez Sering Ajak Penyakitnya "Mengobrol"

Kompas.com - 03/04/2017, 17:46 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran dan penyanyi dangdut Julia Perez alias Jupe punya cara unik untuk menghadapi rasa sakitnya akibat kanker serviks yang ia derita.

Penyanyi dangdut Fitri Karlina, usai menjenguk Jupe di rumah sakit, mengungkapkan bahwa rekannya itu sering mengajak penyakitnya "mengobrol" agar tak membuatnya merasakan nyeri.

"Aku lihat semangat beliau yang luar biasa. Beliau cara atasi sakitnya dengan komunikasi dengan sakitnya," ujar Fitri dalam wawancara di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Senin (3/4/2017).

"Tadi aku tanya, 'Kenapa kak?', dia bilang 'ini aku lagi ajak ngobrol penyakitnya'. Ternyata dengan cara ini bisa (meredakan nyeri)," tambahnya.

Fitri menambahkan, hari ini Jupe berbaring terus di tempat tidur karena kondisi tubuhnya sedang kurang fit untuk duduk lama dan mengobrol. Apalagi akhir pekan kemarin, suhu tubuh Jupe sempat meninggi alias demam.

Pemain film Gending Sriwijaya itu juga rencananya akan menjalani kemoterapi lagi. "Insya Allah kalau hari ini bisa kemo, secepatnya bisa pulang dalam waktu dekat.

Tadi sih masih tiduran ya karena lagi persiapan mau jalani kemo. Kemarin sempat gagal karena panas tubuh beliau, kan untuk kemo harus stabil kondisinya.

Panasnya tadi cukup stabil," kata Fitri. Sebagai informasi, akhir-akhir ini Jupe sering merasakan rasa nyeri yang luar biasa akibat kanker serviks stadium empat yang ia derita.

Jika sudah begitu, seperti diungkapkan keluarganya, Jupe tak jarang sampai berteriak saat didera rasa sakit. Berbagai tindakan medis sudah dilakukan untuk meredakan nyeri yang Jupe rasakan.

Mulai operasi blok saraf pada perut, kaki, dan lengan Jupe. Lalu pemasangan selang epidural untuk menyuntikkan obat bius yang umumnya hanya diberikan untuk ibu melahirkan.

Kemudian, pemberian obat pereda nyeri secara rutin oleh dokter anestesi. November 2014 lalu, Jupe membeberkan ke publik bahwa ia terkena kanker serviks. Tiga bulan kemudian setelah berobat ke Singapura, Jupe sempat dinyatakan sembuh dari kanker.

Setahun belakangan personel Trio Cecepy ini mengungkapkan bahwa kanker serviks yang ia derita sudah memasuki stadium akhir.

Pada 12 Februari 2017, Jupe dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSCM karena terus mengigil dan kakinya kirinya mulai membengkak. Padahal sehari sebelumnya ia sudah pulang setelah dirawat selama 15 hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.