Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gita Gutawa: #perempuanjugabisa

Kompas.com - 16/04/2017, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi Gita Gutawa (23) meluncurkan dua singel berkaitan dengan Kartini yang identik dengan pemberdayaan perempuan.

Satu lagu berjudul "Memangnya Kenapa bila Aku Perempuan", soundtrack film Kartini yang dibawakan Gita bersama Melly Goeslaw.

Satu lagi lagu "Ibu Kita Kartini" yang dibawakan Gita dalam proyek Gita Puja Indonesia.

"'Memangnya Kenapa bila Aku Perempuan' diciptakan Mbak Melly untuk soundtrack film Kartini. Musiknya digarap oleh Mas Anto Hoed. Keterlibatanku lebih pada aransemen vokal, bagaimana menyatukan suara sama Mbak Melly. Banyak diskusi juga," ungkap Gita, Sabtu (15/4/2017), di Jakarta.

Pemilik album The Next Chapter ini puas dengan hasilnya. Spirit Kartini yang menjadi inspirasi lagu ini, menurut dia, terasa kental di liriknya.

"Lagu ini sarat pesan tentang empowering perempuan. Lagu bertema seperti ini di Indonesia belum ada. Kalau ada, ya, tentang ibu atau cinta," ujar Gita. Harapannya, "Memangnya Kenapa bila Aku Perempuan" bisa jadi lagu yang mewakili perempuan sepanjang masa.

Sementara lagu "Ibu Kita Kartini" ciptaan WR Soepratman yang diaransemen ulang oleh Gita dan Erwin Gutawa dengan iringan Czech Symphony Orchestra, Praha, menjadi bagian dalam proyek Gita Puja Indonesia.

Lagu ini menjadi lagu kedua di proyek pelestarian lagu-lagu nasional. Sebelumnya, Gita membuat kampanye lagu "Terima Kasihku" ciptaan Sri Widodo untuk Hari Guru Nasional.

"Aku juga akan bikin video. Tagarnya #perempuanjugabisa. Ini memang passion project. Panggilan untuk menumbuhkan nasionalisme," kata Gita. (DOE)

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 16 April 2017, di halaman 16 dengan judul "#perempuanjugabisa".

Baca juga: Gita Gutawa: Lagu soal Pemberdayaan Perempuan Masih Sedikit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com