Anji Bersyukur Dapat Royalti Musik Rp 40 Juta

Kompas.com - 18/04/2017, 21:55 WIB
Yusak Setiono, Anji, dan Makki Ungu diabadikan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINAYusak Setiono, Anji, dan Makki Ungu diabadikan di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2017).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Anji merasa bersyukur bisa mendapatkan haknya sebagai musisi, yakni sejumlah royalti. Royalti tersebut didapatnya dari Sentra Lisensi Musik Indonesia (SELMI), lembaga pengelola royalti untuk musisi, perusahaan musik, dan juga studio rekaman.

Anji mendapat royalti kira-kira Rp 40 juta yang mana perolehan tersebut didapatkan dari tempat-tempat karaoke yang memutar lagu Anji selama 2016.

Dengan perolehan tersebut, Anji menduduki posisi tiga besar artis yang menerima royalti terbanyak.

"Kita sebagai pelaku industri musik mau berterima kasih dulu," kata Anji saat ditemui di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/4/2017).

Dalam kesempatan ini, Anji mengapresiasi SELMI yang mau memperjuangkan hak-hak royalti para musisi.

"Sistem (royalti) ini harusnya -seperti dikatakan Pak Koes (Koes Hendratmo)- ada 19 tahun lalu dan diperjuangkan," kata pelantun "Dia" ini.

"Kita syukuri dulu, nanti-nantinya siatem ini bisa disempurnakan," sambungnya.

Di sisi lain, Anji juga memaklumi apabila transparansi dana yang dilakukan oleh SELMI belum bisa dilakukan 100 persen.

"Untuk masalah transparansi dana, memang masih ada hal yang belum dibuka banget karena sistem masih berjalan," katanya.

Selain Anji, ada artis-artis lain yang turut mendapatkan royalti dari SELMI, antara lain mendiang Chrisye, band Ungu, Samsons, Govinda, dan pedangdut Cita Citata.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X