Luna Maya: Saya Punya Spirit Feminisme, tetapi Tak Lupa Kodrat

Kompas.com - 21/04/2017, 11:39 WIB
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada hari ini, Jumat (21/4/2017), artis peran Luna Maya berbagi pandangannya tentang semangat Kartini masa kini.

Perempuan kelahiran Denpasar ini menilai zaman sekarang perempuan sudah punya kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam hal pendidikan dan pekerjaan.

"Walaupun saya punya spirit feminism, tapi tetep kodrat sebagai istri dan ibu tidak bisa diganggu gugat," kata Luna dalam wawancara di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017) malam.

Semangat Kartini, menurut dia, berarti perempuan harus mengenyam pendidikan dan harus bisa menggali potensinya.

Namun lagi-lagi, lanjut Luna, pendidikan tinggi dan karier sukses jangan sampai menutup mata seorang perempuan sebagai seorang istri dan ibu.

"Kalau saya sih. Saya tetap percaya perempuan tuh sesukses-suksesnya, kodrat perempuan tetap perempuan. Tetap laki-laki adalah imam kita dan dia adalah kepala rumah tangga," ujarnya.

"Karena saya belum jadi istri dan ibu, sebagai perempuan saya kontribusi tenaga dan pikiran saya untuk sekitar saya. Jadi sebisa mungkin bermanfaat," kata Luna lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.