Maia Estianty: Ibu Rumah Tangga Juga Kartini yang Tangguh

Kompas.com - 21/04/2017, 12:19 WIB
Maia Estianty di TPS 12, Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGMaia Estianty di TPS 12, Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).
|
EditorKistyarini

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Maia Estianty beranggapan bahwa semangat Kartini itu tak cuma dipunyai oleh perempuan-perempuan yang berpendidikan tinggi atau kariernya sukses. Begitu juga para ibu rumah tangga yang mengurus keluarganya.

"Kartini-Kartini yang lain tuh banyak, banyak ibu-ibu yang cuma urus rumah tangga aja, ngurus anak dan suami, itu juga hebat," katanya usai mencoblos di TPS 12, Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (19/4/2017).

Sebab, menurut dia, mengurus rumah tangga sekaligus mendidik anak-anak bukanlah perkara yang mudah. Bahkan belum tentu para wanita pekerja mampu melakukannya.

Lebih hebatnya lagi, lanjut Maia, jika ada perempuan bekerja yang tetap melakukan perannya sebagai ibu rumah tangga.

"Enggak gampang loh ngurus rumah tangga tuh. Mikirin menu hari ini apa, besok apa, ngurus anak-anak, suami, detailnya seperti apa. Menurut saya juga itu Kartini yang tangguh," kata Maia.

Ibu tiga anak ini menambahkan bahwa wanita cerdas tidak bisa hanya diukur dari kemampuan akademisnya, tetapi juga keberhasilannya menjadi seorang istri sekaligus ibu.

"Kartini tangguh bukan berarti mereka harus bekerja ya. Mereka cerdas di rumah, mereka melahirkan anak-anak yang cerdas," ujar Maia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.