Dude Harlino Kampanyekan "Bersih-bersih 1001 Masjid"

Kompas.com - 03/05/2017, 14:09 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dude Harlino menjadi ikon untuk mengampanyekan kegiatan bertajuk Bersih-bersih 1001 Masjid yang digagas oleh Unilever Indonesia dan Dewan Masjid Indonesi (DMI).

Acara ini sudah berlangsung sejak 21 April hingga 23 Mei 2017 di 33 kota/kabupaten yang berada di 11 provinsi seluruh Indonesia.

Dude mengatakan, bahwa kegiatan ini untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan. Tujuannya adalah untuk menciptakan kebersamaan dan kecintaan terhadap masjid serta menjadi wadah bagi warga yang ingin berkonstribusi melakukan perbuatan baik.

"Niatan kami adalah untuk menggerakan anak muda datang ke masjid," kata Dude kepada awak media di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (3/5/2017).

Dude mengaku aktif mengurus berbagai kegiatan di masjid. Selama delapan tahun terakhir, ia menjadi pengurus masjid A-Tin, Jakarta Timur. Ia pun ingin menularkan semangat yang sama kepada generasi muda lainnya.

"Kami akan silaturahim ke komunitas anak-anak muda. Kami akan undang mereka ke kegiatan ini. Kami akan undang ustadz yang akrab dengan bahasa anak muda, ngobrol," ujar dia.

Pada kegiatan Bersih-bersih 1001 Masjid, Dude hanya mengikuti rangkaian kegiatan bersih-bersih masjid di wilayah Jakarat. Di wilayah lain, menurutnya, ada perwakilan dan warga setempat yang menjalankannya.

Dalam acara itu, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang sekaligus Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) ikut membuka peresmian kegiatan tersebut di Aula Masjid Agung Sunda Kelapa. Kalla menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan positif tersebut.

"Dalam Islam sudah dijelaskan bahwa membersihkan adalah sebagian dari iman. Sedangkan, masjid adalah pelaksanaan kita menjalankan tentang keimanan kita, tempat kita shalat. Jadi, bersih saja wajib apalagi membersihkan masjid, pasti lebih wajib lagi," kata Kalla.

"Saya berterima kasih dengan kegiatan ini, semoga tidak berhenti dengan 1001 masjid saja. Setidaknya, kita bersama-sama membimbing aparat masjid bagaimana menjalankan kebersihan dengan betul," sambung dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.