Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tumpah Ruah" Artis Penampil Prambanan Jazz Festival 2017

Kompas.com - 09/05/2017, 18:21 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS com - Perhelatan Prambanan Jazz Festival 2017 siap digelar pada 18, 19, dan 20 Agustus 2017 mendatang di komplek Candi Prambanan, Yogyakarta.

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini gelaran yang telah memasuki episode ketiga itu menyuguhkan konsep 90's Moment dengan menggandeng sederet musisi dan penyanyi yang populer di tahun 90-an.

Dalam siaran pers yang dikirim promotor Rajawali Indonesia Communication, Selasa (9/5/2017), disebutkan bahwa Andre Hehanusa, Katon Bagaskara, T-Five, Base Jam, Emerald, Lingua, Ada Band, The Groove, Ipang, Shakey, rif/, dan masih banyak lagi, dipastikan bakal mengisi panggung-panggung pertunjukan Prambanan Jazz Festival tahun ini.

Tak tanggung-tanggung, peraih nominasi Grammy Awards Sarah Brightman dijadwal menjadi penampil utama yang patut dinantikan.

Raisa dan Isyana tampil di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu (20/8/2017). Prambanan Jazz Festival berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Raisa dan Isyana tampil di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu (20/8/2017). Prambanan Jazz Festival berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta.
Sebagai bocoran, Sarah tercatat juga telah meraih 200 penghargaan platinum dan emas di lebih 40 negara di dunia, pelantun lagu "Time to Say Goodbye" ini akan tampil dengan iringan musik live orchestra.

Belum cukup sampai di situ, Kahitna, KLa Project, Glenn Fredly, Tompi, Yovie Nuno, Syaharani, Sandy Sondoro, Saxx in the City, Yura Yunita, Afgan, Shaggy Dog, Marcell, Rio Febrian, Kunto Aji, dan Payung Teduh juga tak ketinggalanm ikut menyemarakkan acara yang diberi slogan "Art, Music & Culture" itu.

"Kami berusaha untuk konsisten menjadikan Prambanan Jazz Festival ini sebagai hiburan sarat kualitas bagi penggemar musik Indonesia maupun mancanegara. Semua suguhan hiburan itu akan kami perkuat dengan muatan local culture," kata penggagas Prambanan Jazz sekaligus CEO Rajawali Indonesia Communication Anas Syahrul Alimi.

Saxx in the City tampil di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (19/8/2017). Prambanan Jazz Festival berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Saxx in the City tampil di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (19/8/2017). Prambanan Jazz Festival berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta.
Prambanan Jazz akan tetap menggunakan dua panggung utama, yaitu panggung Hanoman sebagai panggung special show yang berada di area Lapangan Brahma dan panggung Rorojonggrang sebagai panggung festival show yang berada di area Lapangan Wisnu.

"Kami sengaja mengusung tagline Art, Music & Culture, adalah salah satu deferensiasi dari konsep utama Prambanan Jazz yakni menggabungkan dua mahakarya, yakni mahakarya Candi Prambanan dan mahakarya musik," Anas memaparkan.

Sambil menikmati muaik jazz, para pengunjung juga akan dimanjakan dengan sajian wisata kuliner bernuansa Yogyakarta tempo dulu atau disebut Pasar Kangen.

Marcell Siahaan tampil di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (19/8/2017). Prambanan Jazz Festival berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Marcell Siahaan tampil di Prambanan Jazz Festival 2017 di kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (19/8/2017). Prambanan Jazz Festival berlangsung selama tiga hari dari 18 sampai 20 Agustus 2017 di Candi Prambanan, Yogyakarta.
Anas menjelaskan, wisata kuliner Pasar Kangen adalah sebuah perpaduan wisata kuliner khususnya Yogyakarta yang akan mempertemukan generasi lama dan generasi baru.

Bagi generasi lama, Pasar Kangen akan menghadirkan romantisme masa lalu mereka. Sedangkan bagi generasi muda sekarang, Pasar Kangen akan menghadirkan sensasi kuliner tradisi Yogyakarta tempo dulu.

"Pasar Kangen adalah bentuk komitmen kami untuk selalu support tradisi lokal. Jadi nanti pengunjung Prambanan Jazz bisa dengan santai menikmati musik berkualitas sambil menyaksikan sunset matahari dalam keindahan Candi Prambanan sambil menyantap kuliner-kuliner pilihan dan balutan bulan purnama," tutur Anas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com