Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipimpin Addie MS, "Rayuan Pulau Kelapa" Berkumandang di Balai Kota

Kompas.com - 10/05/2017, 08:51 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ratusan orang berkumpul di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (10/5/2017) sejak pagi.

Mereka memenuhi undangan dari musisi dan konduktor Addie MS untuk bergabung dalam paduan suara.

Berdiri di pendapa Balai Kota, Addie MS membakar semangat warga yang hadir. "Pokoknya kita semua semangat. Merdeka! Merdeka!" seru Addie.

Sebagian besar warga yang datang mengenakan pakaian bertema hitam putih. Sesuai dengan tujuan kegiatan spontan untuk mengungkapkan rasa cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Aksi itu juga sebagai dukungan kepada Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang kini ditahan di Mako Brimob setelah divonis dua tahun dalam perkara penodaan agama.

Para peserta besorak-sorai ketika Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyapa mereka. Ia berdiri di samping Addie di pendapa Balai Kota.

"Sauadara-saudara berkumpul dengan tertib, damai, dengan wajah penuh optimisme untuk menatap ke depan, Semoga semakin cinta Indonesia," kata Djarot.

Sebelumnya Addie mengatakan, paduan suara itu akan menyanyikan lagu "Indonesia Raya", "Rayuan Pulau Kelapa", dan "Mars Pancasila".

Paduan suara itu tidak diiringi alat musik, tetapi dengan iringan playback CD album Simfoni Negeriku miliknya.

Sebelum benar-benar tampil Addie mengajak para peserta berlatih dan mencoba kekompakan.

"Melambai-lambai, nyiur di pantai/ berbisik-bisik, raja kelana/ Memuja pulau nan indah permai/ Tanah Airku... Indonesia," demikian penggalan lagu "Rayuan Pulau Kelapa" yang dinyanyikan peserta paduan suara.

Mereka menyanyi sambil mengangkat tangan. Beberapa perempuan terlihat menitikkan airmata, termasuk istri Addie, Memes, yang berdiri di barisan terdepan paduan suara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com