Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nina Tamam Lestarikan Sawit

Kompas.com - 10/05/2017, 20:30 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Nina Tamam (32) menyadari bahwa ada dampak kurang baik dari penggunaan kelapa sawit. Untuk itu, ia pun mulai mengurangi berbagai penggunaan yang berbahan sawit seperti minyak dan sabun.

"Minyak dan sayur, sabun-sabunan, sebisa mungkin dijaga. Paling tidak, aku mencoba berkontribusi untuk melestarikan sawit," ujar dia di Kafe Serendipity, Jalan Suryo, Jakarta Selatan, Rabu (10/5/2017).

Nina menyadari bahwa masyarakat Indonesia sulit lepas berbagai penggunaan yang berbahan sawit. Secara pribadi, ia mengakalinya dengan menggunakan bahan-bahan lain selain sawit.

"Cara yang paling dasar adalah minyak goreng diganti jadi minyak kelapa atau minyak jagung. Terus sabun, produk kecantikan, sampo dicari yang enggak ada sawitnya," ujar dia.

"Yang susah tuh produk kecantikan, tapi ya bagaimana lagi, sebisa mungkin dikurangi lah," sambung dia.

Sudah tiga tahun Nina melakukan hal tersebut. Hal itu dilakukan bukan untuk pribadinya saja, melainkan juga diterapkan kepada keluarganya.

"Anakku kalau mandi sekarang pakai ampas kopi, enggak pakai sabun. Bapaknya malah yang rajin pakai kopi, ampasnya ampas organik gitu. Terus jeruk nipis untuk rambutnya juga," kata dia.

"Paling enggak dari sabun segala macam pakai yang alami gitu," kata dia.

Sedangkan Nina memakai sabun herbal berbahan dasar kelapa.

"Aku pake sabun Bali gitu. Jual di toko-toko atau souvenir Bali gitu. Jadi kalau temen-teman ke Bali aku nitip oleh-oleh sabun gitu, walaupun di Jakarta sekarang sudah mulai banyak. Yang penting minyak kelapa, bukan minyak sawit," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com