Bonita Tampil di Acara Wiwitan Upacara Kebo Ketan

Kompas.com - 23/05/2017, 12:49 WIB
Sutradara seni kejadian Upacara Kebo Ketan, Bramantyo Prijosusilo, berpose di depan Kebo Ketan rancangannya. KOMPAS.COM/JODHI YUDONOSutradara seni kejadian Upacara Kebo Ketan, Bramantyo Prijosusilo, berpose di depan Kebo Ketan rancangannya.
Penulis Jodhi Yudono
|
EditorJodhi Yudono

JAKARTA, KOMPAS.com--Rabu tanggal 24 Mei 2017, bertempat di Rumah Tua desa Sekaralas, Widodaren, Ngawi, selepas magrib sampai selesai, akan diselenggarakan bancakan Wiwitan Upacara Kebo Ketan 2017, dengan sajian musik Bonita & the Hus Band dari Jakarta.

Wiwitan Upacara Kebo Ketan ini dilakukan untuk mengonsolidasikan perhatian dan dukungan untuk menuju penyelenggaraan Upacara Kebo Ketan 2017, pada tanggal 1, 2 dan 3 Desember 2017.

Upacara Kebo Ketan adalah suatu karya seni kejadian berdampak yang dikerjakan oleh Perkumpulan LSM Kraton Ngiyom yang berlandaskan Pancasila dan UUD’45, bertujuan untuk menguatkan kohesi sosial guna menyelesaikan persoalan-persoalan ekologi dan budaya, khususnya menyangkut masalah kualitas tanah dan air.

Pada saat ini, Upacara Kebo Ketan memfokuskan diri pada perbaikan mata air dan hutan di Sendang Margo dan Sendang Ngiyom di wilayah hutan Perhutani di Begal dan Sekarputih yang rusak akibat penjarahan tahun 1998 lalu. Upacara Kebo Ketan dirancang untuk memunculkan perekonomian yang tidak bergantung kepada lahan, melainkan berbasis kepada seni dan budaya. Upacara Kebo Ketan mendapatkan dukungan moril dan materiil dari berbagai pihak, terutama dari kalangan seniman, Pemerintah Kabupaten Ngawi, serta dari sponsor dan donatur.

Tahun lalu, Kraton Ngiyom mendapatkan piagam penghargaan dari Menteri Dalam Negeri untuk usahanya. Di tahun 2015, Kraton Ngiyom memeroleh dukungan pribadi dari Menteri Lingkungan Hidup.

Bonita & the Hus Band adalah suatu kelompok musik yang berbasis di Jakarta, yang banyak mengeksplorasi music jazz dan keroncong, dan bergerak di luar jaringan industri musik dengan segala guritanya. Mereka memromosikan album mereka berjudul "Belong to Each Other" dengan bermain di tempat-tempat yang jarang dijamah musisi ibukota, misalnya di lapangan desa Sekarputih dalam Upacara Kebo Ketan 2016.

Pada tanggal 24 Mei ini mereka akan main di Rumah Tua desa Sekaralas, kecamatan Widodaren, menjadi bagian dari sajian bancakan wiwitan Upacara Kebo Ketan 2017.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X