Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Dead Men Tell No Tales", Upaya Lepas dari Kutukan Selamanya

Kompas.com - 25/05/2017, 07:00 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Petualangan bajak laut Jack Sparrow (Johnny Depp) kembali berlanjut dalam Pirates of the Caribbean: Salazar's Revenge.

Pada seri yang ke-5 ini, cerita berpusat pada dua sosok karakter baru, yakni Henry Turner (Brenton Thwaites) dan Carina Smyth (Kaya Scodelario). Henry adalah anak dari Will Turner (Orlando Bloom) dan Elizabeth Swann (Keira Knightley).

Mundur ke belakang, sembilan tahun sebelumnya diceritakan bahwa Henry kecil bertekad untuk membebaskan kutukan yang menimpa sang ayah yang terjebak di kapal Flying Dutchman.

Satu-satunya cara untuk melepaskan kutukan itu adalah dengan senjata Trisula milik dewa laut Poseidon.

Sedangkan Carina yang merupakan ahli astronomi berkelana ke penjuru kota untuk mencari siapa sosok kedua orangtuanya yang meninggalkannya di panti asuhan.

Singkat cerita, keduanya bertemu dengan Jack hingga menjadi tim yang kompak dengan misinya masing-masing. Perjalanan mereka pun bukan tanpa hambatan.

Kapten Salazar (Javier Bardem) ternyata menyimpan dendam terhadap Jack. Ia berambisi menghabisi nyawa sang bajak laut.

Dendam Salazar pun bukan tanpa alasan. Salazar dan kru kapalnya terkena kutukan setelah terperangkap Jack muda ke area segitiga iblis. Kapal mereka tenggelam dan menjadi hantu laut.

Akibatnya, Salazar dan awak kapalnya tidak bisa menginjak daratan. Hanya kompas di tangan Jack lah yang bisa mematahkan kutukan itu.

Film garapan sutradara Joachim Ronning dan Espen Sandberg bisa dibilang memuaskan sebagai penutup franchise film Pirates of Caribbean. Selain ada tokoh baru yang menyegarkan cerita, rasa nostalgia akan empat seri film sebelumnya juga disuguhkan.

Misalnya adalah kapal The Black Pearl yang dilepaskan kembali ke lautan. Kemudian hadirnya kembali sosok Will dan Elizabeth yang sempat tidak ada di seri keempatnya. Selain itu, munculnya Hector Barbossa (Geoffrey Rush) juga menjadi kunci di balik perjalanan Carina mencari siapa kedua orangtuanya.

Menilai dari kualitas computer-generated imagery atau CGI, rasanya film garapan dua rumah produksi Walt Disney Pictures dan Jerry Bruckheimer Films tidak perlu diragukan. Apalagi melihat karakter Salazar dan para awak kapalnya yang begitu menyeramkan sebagai hantu laut.

Di luar itu, rasanya tidak elok jika tidak mengapresiasi kembali peran Depp sebagai Jack. Sosok Depp rasanya sulit tergantikan dalam memerankan seorang kapten yang nyentrik, pemabuk, tak pandai berperang, namun kerap diselimuti keberuntungan selama berpetualang.

Film Salazar's Revenge, yang judul globalnya bernama Dead Men Tell No Tales itu serentak akan tayang di seluruh jaringan bioskop Tanah Air pada 24 Mei 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com