Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Dirawat Intensif, Begini Kondisi Anak Keempat Joanna Alexandra

Kompas.com - 30/05/2017, 16:58 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak keempat pasangan Joanna Alexandra dan Raditya Oloan yang ahir di RS Asih, Jakarta, Rabu (24/5/2017), harus pindah rumah sakit lantaran ada kelainan pada pernapasan dan kaki.

"Kemarin lahiran di RS Asih, karena ada masalah makanya dipindahin ke RS Bunda karena di sini lebih canggih alatnya. Di RS Bunda udah tiga hari dari Jumat malam di sini," ujar Joanna saat dijumpai di RSIA Bunda, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2017).

Joanna bercerita pula soal kondisi terkini bayinya, Ziona Eden Alexandra Panggabean, setelah dirawat intensif di NICU.

[Baca juga: Ini Arti Nama Anak Keempat Joanna Alexandra dan Raditya Oloan]

"Perkembangannya jauh lebih baik. Dia udah lepas selang pernapasan. Barusan, tadi siang nih, aku belajar nyusuin bareng. Jadi boleh gendong akhirnya, gendong juga. Akhirnya aku bisa nyusuin, aku seneng banget sih," imbuhnya.

Pemeran Catatan Akhir Sekolah ini mengaku bahwa sebelumnya ia belum mengetahui soal kelainan yang ada pada bayinya tersebut saat masih berada di kandungan.

[Baca juga: Ada Kelainan pada Anak Keempat, Joanna Alexandra Khawatir]

"Di kandungan semuanya normal, ya. Terus yang kelainan di kaki itu juga aku baca-baca emang biasanya ketahuannya pas udah lahir. Karena kalau dalem perut kan bayi masih kelipet-lipet gitu kan, jadi pas lahir baru ketahuan kan," kata Joanna.

"Kalau yang pernapasan juga ada kemungkinan infeksi karena waktu aku ngelahirin ada tes darah, leukosit tinggi dan ternyata infeksi yang enggak tahu dari sebelum-sebelumnya. Tapi semua udah membaik," pungkasnya.

Perempuan kelahiran Jakarta, 30 April 1987 ini mengaku sempat bersedih karena bayinya harus dirawat di ruang terpisah yang berjauhan dengan dirinya.

"Harus ngalamin yang namanya bener-bener pisah sama baby-nya itu sempet bikin aku sedih juga karena enggak dirawat gabung," kata Joanna.

"Terus yang tiap hari ke rumah sakit, ngejenguk, kasih ASI, terus pulang entar balik lagi," lanjutnya.

Sebagai informasi bayinya yang dipanggil Zio ini lahir dengan berat 2.695 kg dengan panjang 45cm.

Meski bayi mereka dilahirkan secara prematur, yakni berusia 36 minggu 3 hari di dalam kandungan, Joanna melakukan persalinan secara normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com