Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joshua Suherman Enggan Lanjutkan Karier Bernyanyi

Kompas.com - 31/05/2017, 22:36 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan penyanyi cilik Joshua Suherman sudah tak mau melanjutkan kariernya di dunia tarik suara. Kini dia lebih memilih melebarkan kariernya sebagai penyiar dan pemandu acara. Mengapa?

"Lebih tahu diri aja sih. Karena gue sebel lihat orang jadi penyanyi, tapi suaranya jelek. Nah gue enggak pengin jadi orang itu aja he-he-he," katanya dalam wawancara di studio TransTV, Mampang, Rabu (31/5/2017).

Karena merasa bahwa kualitas vokalnya tak sebaik penyanyi profesional lainnya, Joshua pun enggan memaksakan diri hanya karena label penyanyi cilik sudah melekat padanya.

"Nyadar suara gue enggak bagus-bagus banget dibandingin penyanyi-penyanyi sekarang, mereka suaranya bagus bagus," ucapnya.

Karena itu Joshua memilih jalur karier yang sangat ia minati, yakni dunia presenter. Ia merasa lebih andal dalam hal bercuap-cuap ketimbang bernyanyi.

"Karena suka banget nge-host. Terus ngelihat jenjangnya lebih panjang. Kalau nyanyi mungkin gue harus terus melakukan inovasi. Kalau hosting karena suka, gue mau berevolusi. Belajarnya dari referensi, terus nontonin orang nge-host. Terus sekarang siaran, salah satu cara memperlancar," ujar Joshua.

Ia paham bahwa statusnya sebagai mantan penyany cilik akan terus melekat. Namun, Joshua juga ingin orang-orang mulai fokus pada karyanya yang lain.

"Kayaknya enggak bisa lepas sih. Cuma ya gimana caranya gue membuat orang jadi enggak fokus ke situ doang. Membuat karya baru yang mungkin bisa membuat orang fokus ke situ. Kalau keluarga dukung apapun keputusannya selama positif," kata Joshua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com