Aris "Idol" Jadi Sopir Taksi Online demi Menyambung Hidup

Kompas.com - 13/06/2017, 19:12 WIB
Aris Idol saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (13/6/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINAAris Idol saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (13/6/2017).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi jebolan Indonesian Idol Januarisma atau Aris "Idol" mengungkapkan alasan mengapa dirinya mau menjadi sopir taksi online.

Kata dia, ini semua dilakukan demi menyambung hidup.

"Karena kebutuhan. Gue merasa tahun ini (pekerjaan sebagai penyanyi) sepi banget dari sebelum-sebelumnya. Kayaknya gue ngerasa susah banget. Akhirnya gue memutuskan untuk jadi driver, gue cuma satu aplikasi," ungkap Aris saat berbincang dengan wartawan di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (13/6/2017).

[Baca: Tangis Fany Pecah Saat Aris "Idol" Pulang ke Rumah]

"Alhamdulillah enggak bisa dimungkiri juga, selama gue di Grab Car insentif dapat. Cuma bonus gue belum pernah dapet. Income juga alhamdulillah lah," sambungnya.

Selama menjadi sopir taksi online, ia mengaku tak sedikit penumpang yang mengenalinya sebagai penyanyi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ya paling kalau ada yang kenal nanya-nanya, 'Kenapa mas Aris jadi taksi online?'. Ya gue cerita," katanya lagi.

"Akhirnya penumpang juga ngerti. Ada yang kasih uang tips, mislkan argo 30.000 dikasih 100.000, atau 150.000, tapi plus nyanyi-nyanyi, plus menghibur," lanjutnya.

Aris mengatakan, selama bekerja ia selalu berusaha untuk mencapai target. Andai ia mendapatkan insentif dan bonus, dalam sebulan ia bisa mendapatkan Rp 30 juta.

Namun, sayangnya Aris belum pernah mendapatkan penghasilan sampai sebanyak itu.

"Belum pernah, itu cuma kata 'suhu-suhu' yang pengalaman, makanya gue tertarik juga, sampai sekarang enggak bisa kekejar. Susah," kata Aris.

"Jadi mesti mainin trip-trip pendek, di jam sibuk harus dapet trip pendek minimal di jam sibuk sekitar 25 atau 30 (penumpang), kalau enggak, enggak bakal dapet," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.