Album Solo G-Dragon Tuai Perdebatan, Ini Kata YG Entertainment

Kompas.com - 16/06/2017, 11:59 WIB
|
EditorKistyarini

KOMPAS.com – Personel boyband BIGBANG, G-Dragon, baru meluncurkan album solo self-titled, Kwon Ji Yong.

Uniknya, album dikemas dalam bentuk USB, bukan CD seperti album musik kebanyakan.

Rupanya, bentuk album milik G-Dragon ini menuai perdebatan karena Gaon Chart, sebuah tangga lagu di Korea, menolak karya tersebut dikategorikan sebagai album.

Mereka mengumumkan bahwa mereka tidak akan menyertakan Kwon Ji Yong dalam penghitungan penjualan album.

Gaon Chart menyebut album dalam bentuk USB itu bukanlah album karena tidak berisi track lagu, tetapi hanya berisi link di mana nantinya penggemar bisa mengunduh lagu-lagu tersebut dengan memasukkan key code spesial.

Dalam kesempatan ini, pihak agensi YG Entertainment pun merespon penolakan Gaon Chart.

“Sebenarnya, kami tidak memiliki perselisihan besar atau masalah dengan bagaimana Gaon Charts memutuskan untuk menghitung penjualan. Kami lebih tertarik dengan musik dan dunia yang baru” kata YG Entertainment seperti dilansir Soompi.

“Bagaimana pun juga, kami berpikir bahwa yang menjadi masalah adalah cara berpikir mereka yang lama itu, yang tidak bisa bertahan dengan perubahan-perubahan di generasi sekarang. Kami tidak mengerti mengapa mereka ingin membatasi penjualan musik offline dengan CD saja,” sambung mereka.

Dengan tidak disertakannya album Kwon Ji Yong dalam penjualan album di tangga lagu Gaon, akibatnya akan berdampak pada sejumlah peringkat di beberapa tayangan musik di Korea.

Misalnya Inkigayo yang tayang di SBS dan Show! Music Core yang tayang di MBC, yang mana keduanya berpatokan pada Gaon chart.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber soompi.com
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.