Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pernah Jadi Korban, Tony Q Bikin Lagu "Awas Hoax"

Kompas.com - 20/06/2017, 22:04 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru Oktober 2016 lalu penyanyi reggae Tony Q melepas album, kini ia kembali dengan karya terbaru. Tony Q menciptakan sebuah lagu berjudul "Awas Hoax".

Pria yang mempopulerkan istilah rambut gimbal ini mengaku lagu itu terinspirasi dari pengalaman pribadinya.

"Sebenarnya keprihatinan ini sudah sangat lama ya. Contohnya kami kan ada gig di mana-mana. Nah sering di medsos itu sebar kalau Tony Q main di sini, padahal enggak. Jadi hal kayak gitu hoax," ucapnya dalam wawancara di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Selasa (20/6/2017) malam.

Akhirnya, sempat terjadi salah pahan antara tim manajemennya dengan para penikmat musik. Hingga pada akhirnya, Tony Q dan kawan-kawan memutuskan membuat situs resmi untuk memberi informasi jadwal manggungnya yang akurat.

Itu hanya contoh kecil, kata Tony Q. Kendati bukan pengguna media sosial, ia juga melek akan hoax. Di luar sana, lanjutnya, isu politik dan sosial juga seringkali menjadi objek berita-berita bohong yang meresahkan.

"Bahwa dunia sudah begini. Entah itu politik atau dari temen ke temen bisa gitu (hoax). Terus dikonsumsi oleh orang-orang yang kurang tanggap sama isu itu. Begitu ada berita, terus mulai gunjingan," ucapnya.

"Jadi memang ini fenomena ya dan sangat masive ya hoax. Keprihatinan itu yang lahirkan lagu "Awas Hoax"," tambahnya.

Walaupun lagu tersebut terkesan personal, Tony Q tak menyanyikannya sendiri. Ia menyerahkan "Awas Hoax" kepada rekannya, penyanyi raggae Iffi Puti. Mengapa?

"Saya baru launching album Oktober tahun lalu. Januari saya mulai start (bikin lagu), sementara album yang inj belum diapa-apain (promo). Terus saya sama Iffi ini juga udah tiha tahun punya niatan. Udah 3 tahun nih harus jadi nih. Itu lagu yang belum pernah dirilis dan baru," ujar Tony Q.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com