Yovie Widianto dan Hedi Yunus Ungkap Resep Kompak Kahitna

Kompas.com - 09/07/2017, 12:13 WIB
Para personel Kahitna saat berfoto dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (6/7/2017) Humas Pemkot Bandung Para personel Kahitna saat berfoto dengan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana, Kamis (6/7/2017)
|
EditorKistyarini

BANDUNG, KOMPAS.com - Tiga puluh satu tahun berkiprah di dunia musik Indonesia membuat Kahitna menjadi salah satu band paling solid.

Pentolan Kahitna, Yovie Widianto, mengungkapkan rahasia di balik kekompakan bandnya.

Musisi 49 tahun itu menuturkan, tata kelola manajemen menjadi kunci utama band asal Bandung itu bisa awet dan langgeng.

"Kahitna itu anggotanya sembilan orang, tapi pasukannya dari dulu sekitar 30-an. Orangnya dari manajemennya gak berubah. Ada yang baru-baru memang, tapi di setiap ada cinta yang ada di situ kekuatan cinta itu akan membuat suatu kekuatan yang hebat untuk musiknya kita," tutur Yovie saat ditemui di Balai Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Selain itu, adanya komitmen kuat membuat tiap personel selalu akur. Yovie mencontohkan, banyak band Indonesia yang harus bubar saat usianya seumur jagung lantaran urusan honor personel.

"Band itu biasanya tiga atau empat orang personel. Dua tahun berantem gara-gara honor, berantakan. Nah Kahitna itu sembilan orang gimana baginya coba," ujar Yovie.

Berkaitan hal itu, Yovie selalu memegang prinsip 'rezeki tak akan tertukar'.

"Kita percaya Tuhan enggak akan keliru dalam membagi rezekinya. Jadi kami selaku bersyukur dengan apa yang kami dapat dan sekarang dari mulai krunya sudah punya tempat tinggal bisa hidup baik, punya keluarga. Itu kami meyakini ternyata dengan cinta semua bisa terjadi dengan luar biasa. Itu mungkin pesannya," papar Yovie.

Setiap orang, kata Yovie, bisa belajar bermusik. Namun, lanjutnya, tak banyak yang bisa memberi cinta sesungguhnya dalam bermusik.

"Teknik, belajar musik, semua setiap orang pintar main musik apapun. Tapi kalau saling menghargai, menghormati, mencintai, akan menjadi kekuatan. Jangan kehilangan akarnya saja.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.