Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angga Dwimas Sasongko: Sudah Tugas Saya Mengedukasi Penonton

Kompas.com - 17/07/2017, 12:15 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Sutradara Filosofi Kopi 2, Angga Dwimas Sasongko memiliki nazar. Apabila filmnya bisa tembus 800.000 penonton, ia akan memberikan seminar gratis soal storytelling kepada murid-murid SMK di delapan kota Indonesia.

Tentu saja, nazar ini bukan hanya sekadar sebagai ajang untuk mempromosikan filmnya. Lebih dari itu, Angga merasa sudah menjadi tugasnya sebagai filmmaker untuk mengedukasi para penontonnya.

"Saya pikir, SMK ini menarik. Mereka menentukan pilihan apa yang mau dipelajari dan nantinya jadi pekerjaan sejak dini. Tapi sayangnya fasilitas mereka untuk dapat akses ke ilmu di bidangnya terutama multimedia masih sangat sulit. Buku-buku tentang art, desain, film sangat mahal dan jarang," ujar Angga saat berbincang dengan Kompas.com via pesan singkat, Senin (17/7/2017).

"Mereka butuh ilmunya segera untuk siap hadapi tantangan industri. Saya ingin isi kekosongan itu dengan apa yang saya bisa. Di sisi lain ini juga tugas saya sebagai filmmaker untuk educate penonton," sambungnya.

Angga mengaku bahwa dirinya juga memiliki minat di bidang pendidikan sejak lama. Karena itu, Angga ingin berbagi ilmu yang dimilikinya, terutama soal storytelling, kepada murid-murid SMK yang bakal memasuki dunia kerja dan membangun karier.

"Iya, soal storytelling karena applicable buat banyak bidang di multimedia. Komik, film, desain, radio, dasarnya adalah kemampuan storytelling,” ujarnya.

Saat ini, Angga belum memilih sekolah mana saja yang akan didatanginya. Ia akan membentuk tim survey terlebih dulu untuk menentukan SMK mana saja yang akan didatanginya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com