Sosok WR Supratman Diangkat ke Layar Lebar

Kompas.com - 21/07/2017, 19:33 WIB
|
EditorIrfan Maullana

SEMARANG, KOMPAS.com - Kisah pahlawan nasional Wage Rudolf Supratman yang dikenal menciptakan lagu "Indonesia Raya" bakal diangkat ke layar lebar. Film biopik WR Supratman ini diberi judul Wage.

Film Wage melangsungkan kegiatan shooting perdana di Kota Lama, Semarang, Jumat (21/7/2017) hari ini. Film itu dibesut oleh sutradara John De Rantau.

Sejumlah aktor bakal mengisi peran di film Wage, di antaranya Tengku Rifnu Wikana, Rendra, Oim Ibrahim, Ferry Sofyan, dan Annisa Putri Ayudya.

"Rencana shooting mulai hari ini sampai 25 hari ke depan dari kawasan Kota Tua Semarang, Magelang, Klaten, Yogyakarta, Solo, Kalidadap Purworejo," kata John De Rantau, di Semarang, Jumat.

Film Wage akan menceritakan kisah perjuangan dan kehidupan Supratman. Wage mengangkat kisah Supratman kecil yang berusia 10 tahun hingga 35 tahun.

John mengatakan, kisah Supratman perlu diangkat karena mempunyai kisah yang unik. Selama ini, pahlawan nasional kelahiran Purworejo itu dikenal hanya sebagai musisi dan pencipta lagu. Namun, dalam film akan ditampilkan sisi-sisi lain yang belum diketahui publik.

"Rencana target hari sumpah pemuda bisa diluncurkan," kata John, yang beberapa kali membuat film biopik tokoh bangsa.

Film biopik Wage ini didukung oleh penulis skenario Fredy Aryanto dan Gunawan BS, serta diproduseri Andi Shavick. Film juga mendatangkan Azuzan, pelatih akting dari Belanda yang mengajar di Institut Kesenian Jakarta.

Kisah Supratman diangkat karena mengukuhkan prinsip nasionalisme. Supratman lahir di Purworejo pada 9 Maret 1903 dan meninggal di Surabaya tanggal 17 Agustus 1938.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.