The Resonanz Children's Choir Raih Juara Umum Kompetisi di Italia

Kompas.com - 22/07/2017, 16:26 WIB
Pelatih musik Luciana Oendoen dan The Resonanz Childrens Choir saat dijumpai di Balai Resital Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/7/2017). KOMPAS.com/SINTIA ASTARINAPelatih musik Luciana Oendoen dan The Resonanz Childrens Choir saat dijumpai di Balai Resital Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/7/2017).
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia boleh berbangga. Paduan suara The Resonanz Children's Choir menjadi juara umum dalam kompetisi paduan suara Musica Eterna Roma International Festival & Competition 2017, belum lama ini.

Tak hanya menjadi juara umum, TRCC juga menyabet juara pertama untuk dua kategori, yaitu Children's Choir dan Gospel & Spirituals.

"TRCC yang berangkat ke kompetisi di Itali ini diaudisi. TRCC punya 100 anggota. Dari 100 anak, kita audisi, bentuk satu tim kompetisi yang akan berangkat," kata pelatih musik TRCC, Luciana Oendoen saat ditemui di Balai Resital Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/7/2017).

"November, Desember kemarin audisi dan terpilihlah 58 anak. Kami berlatih mulai Januari, Februari. Ada 8 lagu yang dibawa. Tiga lagu untuk kategori Children's Choir, tiga lagu di babak Gospel and Spiritual, dan dua lagi di grand final," sambungnya.

Lagu-lagu yang dibawakan oleh mereka di antaranya "Salve Regina" karya Javier Busto, "Music Down in My Soul" karya Moses Hogan, "Bunging Jeumpa" aransemen Fero Aldiansya Stefanus dan "Yamko Rambe Yamko" aransemen Agustinus Bambang Jusana.

Tak hanya bernyanyi, TRCC juga punya koreografi sendiri saat menyanyikan lagu-lagu tersebut. Koreografi pun diarahkan oleh Sonja Simanjuntak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami latihan seminggu sekali di luar waktu rutin. Kita campur juga latihan koreografi. Anak-anak juga latihan fisik. Diajak lari, olahraga, senam," kata Luciana.

Ini bukan kali pertama TRCC menjadi juara di kompetisi internasional. Sebelumnya, mereka pernah menjadi juara di kompetisi yang diadakan di Bali, Hong Kong, Hungaria, Amerika Serikat, dan Venezia.

Luciana mengatakan bahwa TRCC selanjutnya akan mengikuti sebuah kompetisi paling bergengsi di Eropa, yakni Tolosa Choral Contest di Tolosa, Spanyol, pada November mendatang. Simak penampilan The Resonanz Children's Choir menampilkan "Bungong Jeumpa" di bawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.