Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Resonanz Children's Choir Raih Juara Umum Kompetisi di Italia

Kompas.com - 22/07/2017, 16:26 WIB
Sintia Astarina

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia boleh berbangga. Paduan suara The Resonanz Children's Choir menjadi juara umum dalam kompetisi paduan suara Musica Eterna Roma International Festival & Competition 2017, belum lama ini.

Tak hanya menjadi juara umum, TRCC juga menyabet juara pertama untuk dua kategori, yaitu Children's Choir dan Gospel & Spirituals.

"TRCC yang berangkat ke kompetisi di Itali ini diaudisi. TRCC punya 100 anggota. Dari 100 anak, kita audisi, bentuk satu tim kompetisi yang akan berangkat," kata pelatih musik TRCC, Luciana Oendoen saat ditemui di Balai Resital Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/7/2017).

"November, Desember kemarin audisi dan terpilihlah 58 anak. Kami berlatih mulai Januari, Februari. Ada 8 lagu yang dibawa. Tiga lagu untuk kategori Children's Choir, tiga lagu di babak Gospel and Spiritual, dan dua lagi di grand final," sambungnya.

Lagu-lagu yang dibawakan oleh mereka di antaranya "Salve Regina" karya Javier Busto, "Music Down in My Soul" karya Moses Hogan, "Bunging Jeumpa" aransemen Fero Aldiansya Stefanus dan "Yamko Rambe Yamko" aransemen Agustinus Bambang Jusana.

Tak hanya bernyanyi, TRCC juga punya koreografi sendiri saat menyanyikan lagu-lagu tersebut. Koreografi pun diarahkan oleh Sonja Simanjuntak.

"Kami latihan seminggu sekali di luar waktu rutin. Kita campur juga latihan koreografi. Anak-anak juga latihan fisik. Diajak lari, olahraga, senam," kata Luciana.

Ini bukan kali pertama TRCC menjadi juara di kompetisi internasional. Sebelumnya, mereka pernah menjadi juara di kompetisi yang diadakan di Bali, Hong Kong, Hungaria, Amerika Serikat, dan Venezia.

Luciana mengatakan bahwa TRCC selanjutnya akan mengikuti sebuah kompetisi paling bergengsi di Eropa, yakni Tolosa Choral Contest di Tolosa, Spanyol, pada November mendatang. Simak penampilan The Resonanz Children's Choir menampilkan "Bungong Jeumpa" di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com