Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banda The Dark Forgotten Trail Akan Dibawa ke Festival Internasional

Kompas.com - 27/07/2017, 12:07 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Produser Sheila Timothy mengatakan bahwa film dokumenter Banda The Dark Forgotten Trail akan dibawa dan didaftarkan ke berbagai festival film internasional.

"Intinya perjuangan kami tidak berhenti di bioskop. Target kami tidak hanya di dalam negeri, tapi juga luar negeri," ujar Sheila di XXI Plaza Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (27/7/2017) malam.

Film yang digarap oleh sutradara Jay Subyakto itu memang dibuat untuk bertarung dalam berbagai festival film internasional, contohnya dengan memberi judul dan narasi dalam bahasa Inggris.

Untuk versi bahasa Indonesia sendiri yang menjadi narator adalah artis peran Reza Rahadian. Sedangkan versi bahasa Inggris oleh artis peran Ario Bayu.

Sheila menjelaskan, rumah produksi Lifelike Pictures sudah menargetkan pasar luar negeri sejak awal.

Ia ingin mengabarkan kepada dunia tentang sejarah Kepulauan Banda yang menjadi jalur rempah dunia pada masanya.

Bahkan, kata Sheila, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah mencanangkan untuk memutar film dokumenter itu di sekolah-sekolah nusantara khususnya di Pulau Banda.

"Itu menjadi plan Kemendikbud tahun depan untuk keliling ke sekolah di daerah yang tidak ada bioskop. Nanti diputar di sekolah," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com