BrandzView
Halaman ini merupakan kerja sama antara Prodia dan Kompas.com

4 Pernikahan yang Menyita Perhatian "Netizen" Indonesia Sepanjang 2017

Kompas.com - 26/09/2017, 09:06 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorDimas Wahyu

KOMPAS.com - Tahun 2017 memang belum berakhir. Namun, hingga saat ini setidaknya tercatat 4 pernikahan yang mencuri perhatian khalayak.

Tidak hanya di dalam negeri, pernikahan ini juga terjadi di negeri tetangga. Bahkan, fenomenal, dua di antaranya sempat disebut oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pernikahan ini juga ramai dibicarakan oleh warganet. Bahasan tentangnya pun tembus sebagai trending topic di Twitter. Berikut ulasannya.

Dari Indonesia sampai negeri jiran

Pernikahan fenomenal yang belakangan menggemparkan Tanah Air pertama datang dari penyanyi cantik Raisa Andriana dan Hamish Daud.

Raisa dan Hamish Daud menjalani akad nikah di Hotel Ayana Midplaza Jakarta, Minggu (3/9/2017).Bridestory Raisa dan Hamish Daud menjalani akad nikah di Hotel Ayana Midplaza Jakarta, Minggu (3/9/2017).

Awalnya, hubungan di antara keduanya memang sudah lama terendus. Namun, mereka selalu bungkam ketika dimintai konfirmasi. Meski begitu, aktivitas media sosial keduanya semakin menguatkan bahwa pasangan ini memang sedang dimabuk asmara, termasuk ketika mereka mengunggah foto berdua.

Kabar bahagia sekaligus “duka” kemudian datang pada Minggu (21/5/2017). Raisa dan Hamish resmi bertunangan. Hari berikutnya, tanda pagar alias tagar #HariPatahHatiNasional mendadak jadi topik terpopuler atau trending topic di Twitter.

Tak berhenti di situ, empat bulan kemudian, yakni pada 3 September 2017, Hamish dan Raisa sah menjadi suami-istri yang kembali menciptakan trending topic dengan tagar #HariPatahHatiNasionalJilid2.

Meski dengan persiapan yang terbilang cepat, resepsi pernikahan Hamish dan Raisa dipuji kalangan artis dan warganet. Rangkaian resepsi yang dimulai dari pengajian, siraman, hingga resepsi yang mengangkat adat Sunda dianggap begitu sakral dan penuh kebahagiaan.

Kedua, kabar pernikahan bernuansa islami milik Muzammil Hasballah.

Nama dia memang tak setenar Hamish Daud. Pria asal Aceh ini dikenal sebagai hafiz (penghapal Al Quran) dan imam muda bersuara merdu. Videonya saat melantunkan ayat suci ketika mengimami shalat sempat menjadi viral di media sosial.

Pada usia yang terbilang muda, yakni 24 tahun, Muzammil resmi menikahi adik kelasnya sejak SMA, Sonia Ristanti, yang masih berusia 22 tahun.

Uniknya, akad nikah yang dilangsungkan di Masjid Agung Al-Ma’mur (Masjid Oman) Banda Aceh itu diucapkan Muzammil seusai shalat subuh berjemaah yang diimami oleh dirinya sendiri.

Undangan Pernikahan Qori bersuara merdu asal Aceh yang viral di Media Sosial, karena akad nikahnya dilangsungkan usai pengantin pria Muzammil Hasballah menjadi Imam Shalat Subuh di Mesjid Agung Al-Makmur Oman, Bandar baru Banda Aceh.Daspriani Y Zamzami Undangan Pernikahan Qori bersuara merdu asal Aceh yang viral di Media Sosial, karena akad nikahnya dilangsungkan usai pengantin pria Muzammil Hasballah menjadi Imam Shalat Subuh di Mesjid Agung Al-Makmur Oman, Bandar baru Banda Aceh.

Lewat akun Instagramnya, pria lulusan Institut Teknologi Bandung itu mengunggah undangan terbuka yang ditujukan untuk seluruh masyarakat Aceh. Ia mengajak khalayak untuk shalat subuh berjemaah sekaligus menyaksikan dan mendoakan keberkahan pernikahannya.

Undangan semakin viral saat Uztaz Yusuf Mansur turut mengunggah ulang (regram) undangan tersebut. Maka wajar, masyarakat Aceh datang memenuhi masjid hingga ke lantai dua.

Suasana khidmat dan haru makin terasa ketika Muzammil terlebih dahulu melantunkan Surat An-Nisa ayat 34, Ar-Rum ayat 21, dan At-Tahrim ayat 6 berserta artinya sebelum proses ijab kabul.

Ketiga, pasangan Nani Wijaya dan Ajip Rosidi, yang sekaligus membuktikan cinta bukan cuma milik anak muda.

Menikah pada usia yang tak lagi muda bukan perihal mudah bagi pasangan aktris kawakan Nani Wijaya dan sastrawan Ajip Rosidi. Janda dan duda yang merupakan kawan lama ini menikah saat Nani berusia 72 tahun sedangkan Ajip berusia 79 tahun.

Sastrawan Ajip Rosidi (kiri) dan aktris Nani WijayaKOMPAS/DANU KUSWORO/RONY ARIANTO NUGROHO Sastrawan Ajip Rosidi (kiri) dan aktris Nani Wijaya

Suami Nani, sutradara senior Misbach Yusa Biran, meninggal pada 2012 lalu. Sementara itu, istri Ayip, Fatimah, meninggal dua tahun lalu.

Tak perlu lama bagi keduanya untuk mempersiapkan pernikahan kedua mereka ini. Sebulan setelah mantap memutuskan untuk menikah, resepsi Nani dan Ajip kemudian digelar di Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Keraton Kasepuhan, Cirebon, pada Minggu (16/4/2017).

Perhiasan emas 50 gram pun menjadi maskawin dari Ajip untuk Nani. Diberitakan oleh NOVA.id, Nani mengaku deg-degan menjalani pernikahan untuk kali kedua itu, bahkan terasa lebih dibanding yang pertama.

Sementara itu, Ajip mengaku tak tegang sama sekali. Bagi Ajip, pernikahan ini merupakan kebahagiaan tak terhingga karena ia akan kembali memiliki teman hidup untuk menikmati hari tuanya.

Keempat, ada lika liku perjalanan cinta Laudya Cynthia Bella (29) yang akhirnya berlabuh di negeri jiran.

Sebut saja, mulai dari Raffi Ahmad, Revaldo, Panji Trihatmodjo, Ananda Mikola, Chicco Jerikho, hingga Afie Kalla pernah menghiasi hari-hari Bella sebelum akhirnya menikah dengan pengusaha asal Malaysia, Engku Emran (42).

Laudya Cynthia BellaDOK.PRIBADI/INSTAGRAM Laudya Cynthia Bella

Duda beranak satu itu resmi memperistri Bella pada Jumat (8/9/2017) di Kuala Lumpur. Engku Amran menyerahkan maskawin sebesar 300 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 941.700.

Pernikahan Bella dan Engku Emran hanya dihadiri keluarga dan teman dekat kedua mempelai. Melly Goeslaw, Irwansyah dan Zaskia Sungkar, Shireen Sungkar, Titi Kamal dan Cristian Sugiono, serta Julie Estelle termasuk di antara tamu-tamu yang hadir.

Kabar pernikahan Bella dan Raisa turut disinggung oleh Presiden Joko Widodo saat memberikan orasi ilmiah dalam peringatan Dies Natalis Ke-60 Universitas Padjadjaran yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata, Dipatiukur, Kota Bandung, Senin (11/9/2017).

Raisa naik sepeda pemberian Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2017).DOK.PRIBADI/INSTAGRAM Raisa naik sepeda pemberian Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (9/3/2017).

Jokowi mengungkapkan, masyarakat mengadu candaan kepada dirinya tentang aset bangsa yang lepas ke tangan asing, yakni Raisa yang dinikahi pria berkebangsaan Australia dan Bella yang dinikahi pria Malaysia.

Demikianlah, pasangan-pasangan tersebut memang fenomenal. Konsep pernikahan yang diusung pun unik sehingga menyita perhatian.

Sebelum menikah

Melangsungkan pernikahan impian memang dambaan setiap pasangan. Semua dipersiapkan sejak jauh hari agar momen sakral tersebut berarti dan terkenang.

Namun, selain mempersiapkan perhelatan, ada hal lain yang tak boleh luput dilakukan pasangan, yakni cek kesehatan sebelum pernikahan.

Ilustrasi pasangan setuju dengan idePixland Ilustrasi pasangan setuju dengan ide

Pemeriksaan laboratorium ini akan memastikan status kesehatan kedua calon mempelai, terutama untuk mendeteksi adanya penyakit menular, penyakit menahun, atau penyakit menurun yang dapat memengaruhi kesuburan pasangan ataupun kesehatan janin.

Melakukan medical check up tersebut, seperti yang dimiliki Prodia, saat ini memang harusnya sudah jadi kesadaran calon mempelai. Dengan begitu, risiko penyakit yang mungkin ditimbulkan bisa segera tertangani dengan metode yang sesuai.

Ingat, kebahagiaan tak hanya terasa saat pesta perhelatan, tetapi terus teriring hingga ajal memisahkan.


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Coming Home with Leila Chudori: Robertus Robet, Orwellian dan Kerapuhan dalam Demokrasi

Coming Home with Leila Chudori: Robertus Robet, Orwellian dan Kerapuhan dalam Demokrasi

Budaya
Waiting for the Barbarians Rilis: Tak Perlu ke Bioskop, Sekarang Zamannya Nonton Streaming

Waiting for the Barbarians Rilis: Tak Perlu ke Bioskop, Sekarang Zamannya Nonton Streaming

BrandzView
Musikal di Rumah Aja, Ketika Cerita Rakyat, Musik, dan Film Jadi Satu dalam Panggung Virtual

Musikal di Rumah Aja, Ketika Cerita Rakyat, Musik, dan Film Jadi Satu dalam Panggung Virtual

BrandzView
Basri Menyapa Seri 4: Dialog Diri-Lukisan Alfi

Basri Menyapa Seri 4: Dialog Diri-Lukisan Alfi

Budaya
Coming Home with Leila Chudori: Menyusuri Pelosok Dunia Bersama Famega dan Sigit

Coming Home with Leila Chudori: Menyusuri Pelosok Dunia Bersama Famega dan Sigit

Budaya
Coming Home with Leila Chudori: Rocky Gerung Mengupas Gabo

Coming Home with Leila Chudori: Rocky Gerung Mengupas Gabo

Budaya
Coming Home with Leila Chudori: Adinia Wirasti Menggenggam 'Sang Keris'

Coming Home with Leila Chudori: Adinia Wirasti Menggenggam "Sang Keris"

Budaya
Coming Home with Leila Chudori: Budiman Sudjatmiko, Gwang Ju dan Anak-anak Revolusi

Coming Home with Leila Chudori: Budiman Sudjatmiko, Gwang Ju dan Anak-anak Revolusi

Budaya
Coming Home with Leila Chudori: Mira Lesmana dan Budiman Sudjatmiko Berkata tentang Arief Budiman

Coming Home with Leila Chudori: Mira Lesmana dan Budiman Sudjatmiko Berkata tentang Arief Budiman

Budaya
Coming Home with Leila Chudori: Buku, Film, dan Kecemasan Pembaca

Coming Home with Leila Chudori: Buku, Film, dan Kecemasan Pembaca

Budaya
Coming Home with Leila Chudori-Petty F Fatimah: Membaca Arundhati, Memahami Anjum

Coming Home with Leila Chudori-Petty F Fatimah: Membaca Arundhati, Memahami Anjum

Budaya
Choky Sitohang soal Teori Konspirasi Covid-19: Jangan Ajak Orang Lain Ikut Bingung

Choky Sitohang soal Teori Konspirasi Covid-19: Jangan Ajak Orang Lain Ikut Bingung

Seleb
Coming Home with Leila Chudori: Kesehatan Mental Seniman di Mata Nova Riyanti Yusuf

Coming Home with Leila Chudori: Kesehatan Mental Seniman di Mata Nova Riyanti Yusuf

Budaya
Coming Home with Leila Chudori: Dari Generasi Ketiga, Setelah Amy Tan dan Ha Jin

Coming Home with Leila Chudori: Dari Generasi Ketiga, Setelah Amy Tan dan Ha Jin

Musik
Fans Parasite, Ini Karya Lain Bong Joon-ho yang Tak Boleh Terlewatkan

Fans Parasite, Ini Karya Lain Bong Joon-ho yang Tak Boleh Terlewatkan

BrandzView
komentar di artikel lainnya