Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Seru Raline Shah Menyambut Dua Panda Raksasa

Kompas.com - 29/09/2017, 09:48 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Raline Shah (32) ikut menyambut kedatangan dua ekor panda raksasa dari China di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis (28/9/2017).

Lewat akun Instagram-nya, @ralineshah, ia mengatakan bahwa kedatangan dua ekor panda bernama Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) ke Indonesia merupakan mimpi dari ayahnya, Rahmat Shah.

"Pagi yang seru menjemput 2 Giant Panda yang sampai direct dari Chengdu, RRC. ???????? Turut senang dan bahagia akhirnya mimpi Ayah saya (Ketua Persatuan Kebun Binatang Se Indonesia) dan teman temannya dari Taman Safari Indonesia selama 7 tahun ini menjadi kenyataan, akhirnya masyarakat Indonesia bisa melihat Giant Panda di kampung halaman," tulis Raline.

Dalam unggahan itu, ada beberapa foto yang memperlihatkan pemain film 5CM itu menjemput dua panda raksasa.

Ia berpose besama ayahnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, dan perwakilan dari China untuk Indonesia menjemput dua panda raksasa tersebut.

Di balik kedatangan dua panda raksasa yang didatangkan dalam rangka kerja sama breeding loan atau peminjaman pengembangbiakan, menurut Raline, banyak sekali aturan yang mesti dipenuhi.

"Banyak sekali aturan dan regulasi yang harus dipenuhi untuk Panda Panda ini sampai ke Tanah Air," tulis dia.

"Saya juga sangat senang dapat berbincang dengan Ibu Siti Nurbaya (Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup) yang sangat menginspirasi dalam pemikirannya dan paling penting lagi, aksinya (mendatangkan dua panda raksasa)," tulis dia lagi.

 

Pagi yang seru menjemput 2 Giant Panda yang sampai direct dari Chengdu, RRC. ???????? Turut senang dan bahagia akhirnya mimpi Ayah saya (Ketua Persatuan Kebun Binatang Se Indonesia) dan teman temannya dari Taman Safari Indonesia selama 7 tahun ini menjadi kenyataan, akhirnya masyarakat Indonesia bisa melihat Giant Panda di kampung halaman.Banyak sekali aturan dan regulasi yang harus dipenuhi untuk Panda Panda ini sampai ke Tanah Air. Saya juga sangat senang dapat berbincang dengan Ibu Siti Nurbaya (Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup) yang sangat menginspirasi dalam pemikirannya dan paling penting lagi, aksinya. Berbincang dan bertukar pikiran juga dengan Duta Besar RRC dan teman-teman pecinta Panda membuat saya yakin akan pepatah " Tak kenal maka tak sayang". What an eventful day and I cant wait for everyone to see Hu Chun???? and Cai Tao???? in Taman Safari, Bogor after 3 months of their quarantine period, hope they like it here in Indonesia??????????

A post shared by Raline Shah (@ralineshah) on Sep 28, 2017 at 10:48am PDT

Cai Tao dan Hu Chun merupakan pasangan giant panda hasil pengembangbiakan China Wildlife Conservation Association.

[Baca juga: Dua Panda Raksasa dari China Dipinjamkan ke Indonesia untuk Pengembangbiakan]

Keduanya lahir pada bulan Agustus 2010 silam, dengan berat masing-masing 128 kilogram untuk Cai Tao dan 113 kilogram untuk Hu Chun.

Satwa giant panda jenis Ailuropoda melanoleuca itu nantinya akan ditempatkan di Taman Safari Indonesia Bogor, Jawa Barat. Masa peminjaman itu selama sepuluh tahun dan diharapkan beranak.

[Baca juga: Ini Syarat Tempat Tinggal Panda dari China di Taman Safari Indonesia]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com