Dennis Adhiswara Mengaku Pernah Sebarkan Berita Hoax

Kompas.com - 02/10/2017, 21:09 WIB
Dennis Adhiswara turut mengantre untuk membeli iPhone 7 di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta, Jumat (31/3/2017). Fatimah Kartini/Kompas.comDennis Adhiswara turut mengantre untuk membeli iPhone 7 di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta, Jumat (31/3/2017).
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Dennis Adhiswara mengaku pernah tidak sengaja menyebarkan berita hoax.

"Saya pernah kena hoax. Saya juga pernah tidak sengaja menyebarkan berita hoax," ujarnya ketika menghadiri Diskusi Media Potensi Ancaman Peredaran Konten Negatif di Internet dan Peluncuran Gerakan #SiBerkreasi di Jakarta, Senin (2/10/2017).

Dennis mengungkapkan bahwa saat itu ia menggungah sebuah konten melalui akun media sosialnya. Hal itu dilakukannya tanpa mengecek apakah konten itu benar atau salah.

"Terus dikasih tahu teman, itu bohongan. Terus saya hapus dan langsung minta maaf," ujar dia.

Atas peristiwa itu, Dennis mengaku belajar banyak. Setiap kali akan bersua ataupun mengunggah sesuatu di media sosial, Dennis selalu memperhitungkan beberapa hal.

"Saya selalu mengutamakan rasio pada saat menggunakan media sosial, tidak mentah-mentah percaya," ucapnya.

[Baca: Marcella Zalianty: Figur Publik Banyak yang Menjadi Korban Hoax]

Dennis mengatakan, siapapun bisa saja tanpa sengaja mengalami hal seperti pengalamannya. Apabila terlanjur demikian, sikap bijak adalah cara yang tepat untuk meluruskan kesalahan yang terjadi.

Menurut Dennis, olok-olok yang dilakukan sejumlah warganet kepada seseorang di media sosial punya dampat psikis.

"Bagi teman-teman yang tidak siap, itu akan menganggu psikis dan hari-hari baik seseorang. Mereka akan kepikiran terus, mungkin yang paling parah akan hilang logika," kata dia.

"Pada saat orang di-bully, yang diserang harga diri dan kepercayaan. Itu ditekan secara massal dan sistematis. Itu kasihan. Buat saya sih, itu kasus serius bullying dalam bentuk apapun," sambungnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X