"Tabik!", Salam dari Fade2Black untuk Industri Musik Indonesia

Kompas.com - 29/11/2017, 21:03 WIB
|
EditorIrfan Maullana

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup rap Fade2Black akhirnya menyapa industri musik Indonesia dengan meluncurkan album perdana mereka bertajuk Tabik!. Nama Fade2Black dikenal sejak mereka berkolaborasi dengan musisi Bondan Prakoso.

Tito Budidwinanto, satu dari empat penyanyi rap yang menghuni Fade2Black menjelaskan arti judul album pertama mereka tanpa Bondan.

"Tabik itu artinya salam, tahun ini karena kami nunggu dari 2000 sampai 2017 ini, kami akhirnya punya album pertama as a Fade2Black," kata Tito saat jumpa pers peluncuran album perdana mereka, Tabik!, di Texas Chicken, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2017).

"Ini salam kami buat teman-teman di luar sana, untuk industri musik. Assalamualaikum, ini Fade2Black hadir, mudah-mudahan kalian bisa menikmati sajian kami, itu garis besarnya," sambungnya.

Baca juga : Bondan Prakoso Kecantol Jalur Musik Indie

Grup rap yang dihuni oleh Tito, Eza, Ari dan Coki itu memilih "Cukup Dia" sebagai single jagoan mereka untuk kembali eksis di belantika musik Indonesia.

Ada 11 lagu yang mereka suguhkan, tiga di antaranya sudah dirilis, yakni "Pasti Bisa" (2014), "Saat Hujan" featuring Audrey GAC (2015), dan "Cukup Dia" (2017).

Fade2Black hanya membutuhkan waktu tiga bulan untuk selesai menggarap Tabik!. Mereka juga menggandeng produser Hip-Hop asal Yogyakarta bernama Lacos.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.