Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konten Musik Dalam Negeri Kuasai Daftar Video Terpopuler YouTube 2017

Kompas.com - 07/12/2017, 18:58 WIB
Irfan Maullana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini YouTube merilis daftar YouTube Rewind, kumpulan dari musik, kultur, tren, dan konten yang paling menarik perhatian masyarakat Indonesia dan global sepanjang tahun 2017.

YouTube Rewind menampilkan daftar video-video terpopuler yang dipilih berdasarkan durasi tonton (watch time), comment, likes, dan jumlah share terbanyak dari Indonesia.

Dari tema musik, parodi, hingga vlog, video-video ini mewakili kreativitas luar biasa yang dibagikan melalui YouTube setiap hari.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, YouTube Rewind dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu 10 Video Terpopuler (di luar video musik dari label besar), dan 10 Video Musik Terpopuler.

Tonton video YouTube Rewind 2017 di sini:

Tahun ini, video-video terpopuler di Indonesia diwarnai dengan konten musik, parodi dan tarian hasil karya para kreator lokal, sementara tiga video musik terpopuler datang dari YouTuber ternama seperti Kemal Pahlevi, Gen Halilintar, Young Lex.

Baca juga : 15 YouTuber Indonesia yang Akan Meriahkan Viral Fest Asia 2017

Satu hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, konten musik berbahasa Jawa sangat diminati audiens YouTube di Indonesia pada tahun ini, seperti video parodi "Baby Shark" dan "Despacito" dalam bahasa Jawa.

Ada 10 video terpopuler di Indonesia telah ditonton sebanyak 129 juta kali, meningkat 3 kali lipat dari 10 video terpopuler tahun lalu dengan total 43 juta kali.

Dalam kategori musik, daftar tahun ini menunjukkan bahwa musik Indonesia masih terus digandrungi di kanal YouTube, seperti Armada "Asal Kau Bahagia", "Akad" dari Payung Teduh serta dua musisi asal Jawa Timur yakni Via Vallen dengan lagu populernya yang berjudul "Sayang" dan Nella Kharisma lewat lagunya yang berjudul "Jaran Goyang". 

Sementara di daftar global, Luis Fonsi dengan lagu "Despacito" meraih peringkat utama setelah ditonton lebih dari 4,4 miliar kali, dan video musik Taylor Swift "Look What You Made Me Do" memecahkan rekor audiens terbanyak hanya 24 jam setelah dirilis.

"YouTube terus berkembang pesat, baik dari jumlah kreator maupun audiens dari seluruh Indonesia. Kami senang melihat kreator dari luar Jakarta dan konten berbahasa daerah menempati daftar YouTube Rewind Indonesia tahun ini, dan kami tak sabar melihat lebih banyak lagi talenta dan karya asli Indonesia meraih sukses lewat YouTube," ujar Products Communications Head Google Indonesia Putri Silalahi.

Simak daftar video terpopuler YouTube Rewind 2017 di bawah ini. Untuk melihat daftar lengkap dan menonton video-video yang masuk ke daftar YouTube Rewind 2017, kunjungi www.youtube.com/rewind.

YouTube Daftar 10 video terpopuler di Indonesia yang ditonton melalui Youtube sepanjang 2017

YouTube Daftar 10 video musik terpopuler di Indonesia yang ditonton melalui Youtube sepanjang 2017

YouTube Daftar 10 video terpopuler di dunia yang ditonton melalui Youtube sepanjang 2017

YouTube Daftar 10 video musik terpopuler di dunia yang ditonton melalui Youtube sepanjang 2017

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com