Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapkan Diri Jadi Ayah, Haykal Kamil Ikut Hypnobirth

Kompas.com - 04/01/2018, 18:00 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Haykal Kamil tak lama lagi akan menjadi seorang ayah. Sambil menanti kelahiran anak pertamanya, Haykal dan sang istri Tanti Namira mengikuti hypnobirth.

"Saat ini sih (kehamilan istri) sudah masuk ke-9 bulan, paling sekarang ya ke arah persiapan secara psikis kami untuk jadi orangtua sih," kata Haykal kepada Kompas.com saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (4/1/2018).

"Dari kemarin kami ikut hypnobirth, udah empat kali ikut, jadi latihan untuk ketenangan agar nyaman," sambungnya.

Hypnobirth merupakan metode relaksasi untuk meminimalisir rasa takut dan kepanikan saat menghadapi proses kelahiran. Menurut Haykal hal tersebut sangat penting bagi Tantri.

"Karena yang paling penting ternyata dalam proses persalinan itu ibunya itu harus nyaman, harus tenang, dan harus di-support sama suaminya," lanjutnya.

Baca juga : Haykal Kamil Ingin Jadi Orangtua yang Terbuka

Haykal mendapat banyak pelajaran agar bisa memberi rasa tenang bagi istrinya saat proses persalinan nanti.

"Jadi kemarin itu dijelaskan lebih detail apasih peranan suami, jadi jangan sampai ketika lagi proses persalinan lo-nya sendiri yang enggak tahu harus ngapain, pengin bikin tenang tapi enggak tahunya bikin istri makin panik. Jadi kemarin ikut itu sangat membantu sih," ucap adik kandung Zaskia Adya Mecca itu.

Haykal juga melengkapi pengetahuannya tentang ilmu parenting dengan bembaca buku dan bertanya-tanya pada keluarga.

Baca juga : Haykal Kamil-Tantri Namirah Sudah Siapkan Nama untuk Calon Buah Hati

"Terus baca-baca buku juga, ada buku parenting gitu, cara mendidik cara nabi, terus nanya-nanya ke orang yang udah jadi orangtua, kayak orangtua kami, saudara-saudara," tutur Haykal.

Calon bayi yang masih dirahasiakan jenis kelaminnya itu diperkirakan akan lahir minggu depan. Namira berencana akan melahirkan anak pertamanya dengan cara operasi caesar.

"(Lahirnya) mungkin minggu depan, kemungkinan besar sih caesar. (Jenis kelamin anak) Udah tahu cuma nanti aja pas lahiran, nama juga udah disiapin," imbuh Haykal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com