Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unyuzual Trip Film Festival, Ceritakan Indonesia dengan Caramu Sendiri

Kompas.com - 13/03/2018, 12:52 WIB
Irfan Maullana

Editor


JAKARTA, KOMPAS.com – Saling berbagi kisah petualangan dalam menjelajahi kekayaan alam dan budaya Indonesia saat ini telah menjadi tren yang berkembang positif di kalangan warganet.

"Generasi milenial seolah saling berlomba mengekspresikan petualangan mereka dalam bentuk audio visual, dengan gaya yang tentu saja kekinian. Platform sosial media menjadi sarana tanpa batas untuk saling berbagi kisah mengungkap beragam kekayaan alam dan budaya Indonesia," tulis Megapro Communication, Selasa (13/3/2018).

Fenomena positif ini akhirnya menginspirasi digelarnya festival film pendek bertajuk Unyuzual Trip Film Festival.

Sebagai sebuah festival film, Unyuzual Trip Film Festival bermaksud memberikan ruang berkarya sekaligus bentuk apresiasi terhadap kreativitas generasi muda dalam mendokumentasikan petualangannya menjelajahi indahnya Indonesia.

Produser Unyuzual Trip Film Festival Ita Sembiring mengatakan, festival ini merupakan wadah bagi para petualang berjiwa muda dalam menikmati alam Indonesia, sekaligus menantang kreativitas mereka untuk mentransformasikan petualangannya menjadi sebuah karya berbentuk film pendek.

"Unyuzual Trip Film Festival ini terinspirasi dari generasi muda saat ini yang punya semangat positif untuk saling berbagi cerita tentang berbagai tempat di pelosok-pelosok Indonesia yang punya keindahan alam yang luar biasa," kata Ita.

Menurut Ita, karya-karya mereka selama ini baru sebatas tersalurkan melalui ruang-ruang di sosial media. Belum banyak apresiasi yang diberikan sebagai bentuk penghargaan dan penyemangat kreator-kreator muda ini untuk terus berkarya lebih baik lagi.

Padahal, tren positif yang dibangun lewat karya audio visual ini memiliki peran penting dalam mendorong perkembangan sektor pariwisata Indonesia.

"Lewat Unyuzual Trip Film Festival, kami ingin mengajak kaum muda untuk lebih ekspresif dalam menuangkan ide-ide mereka menjadi sebuah karya yang bermanfaat. Melalui sarana film, karya-karya mereka diharapkan juga mengangkat keindahan alam dan budaya Indonesia yang sangat luar biasa ini," ujar Ita.

Sementara itu, Brand Manager Yuzu Tea Yose Moriza mengatakan bahwa film pendek merupakan sarana yang sangat efektif dan digemari generasi muda saat ini untuk berbagi cerita tentang eksplorasi keindahan Indonesia.

Unyuzual Trip Film Festival diharapkan menjadi dorongan semangat generasi muda untuk terus menghasilkan karya yang mampu memberikan dampak kecintaan terhadap kekayaan alam dan budaya Indonesia.

"Unyuzual Film Festival ingin berbagi semangat dengan generasi muda yang ingin mengembangkan kreativitas mereka melalui film pendek. Melalui film pendek, mereka tidak hanya sekedar menuangkan cerita dan ide, tapi juga mengekspresikan kecintaan terhadap Tanah Air Indonesia," ujar Yose.

Menurut Yose, penyelenggara ajang ini berkomitmen mendukung insan-insan kreatif yang fokus dengan ide dan karya mereka serta mewujudkannya juga dengan cara-cara yang tak biasa (Unyuzual).

Dengan hadiah senilai total Rp 25 juta, Unyuzual Trip Film Festival menjadi semakin bergengsi karena melibatkan sejumlah juri yang merupakan sineas dan aktor film kenamaan. Mereka yang duduk sebagai juri adalah Darius Sinathrya (aktor Indonesia), Leonard Anthony (travel blogger Indonesia) dan Kamila Andini (sutradara Indonesia).

Untuk informasi lebih detail, peserta dapat mengakses www.yuzu.co.id/UnYUZUalTrip dan kemudian mengisi formulir pendaftaran. Sebelumnya, setiap peserta harus lebih dulu mengunggah video tersebut ke akun Youtube-nya dan mengatur privacy setting di kanal YouTube dengan mode unlisted.

Link video yang telah diunggah tersebut kemudian dilampirkan dalam formulir pendaftaran di www.yuzu.co.id/UnYUZUalTrip. Peserta juga boleh mengangkat lebih dari satu tempat wisata alam di Indonesia dengan tahun pembuatan atau produksi video minimal 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com