Salman Khan Divonis 5 Tahun Penjara atas Pembunuhan Satwa Liar

Kompas.com - 06/04/2018, 07:22 WIB
Aktor India Salman Khan tiba di pengadilan Jodhpur untuk menghadiri sidang pembacaan vonis kasus pembunuhan satwa liar yang terjadi pada 1988, Kamis (5/4/2018). AFP PHOTOAktor India Salman Khan tiba di pengadilan Jodhpur untuk menghadiri sidang pembacaan vonis kasus pembunuhan satwa liar yang terjadi pada 1988, Kamis (5/4/2018).
Editor Kistyarini

KOMPAS.com - Superstar Bollywood Salman Khan (52) divonis 5 tahun penjara atas kasus pembunuhan satwa liar yang dilakukan 20 tahun lalu.

Salman Khan dinyatakan bersalah melanggar undang-undang perlindungan satwa liar, Kamis (5/4/2018). Selain hukuman penjara 5 tahun, Khan juga dijatuhi denda 10.000 rupee.

Ia didakwa membunuh dua blackbucks (sejenis rusa) di sebuah desa dekat Jodhpur saat menjalani shooting film Hum Sath Saath Hain pada 1988.

Selain Khan, ada empat orang lain yang menjadi terdakwa dalam kasus itu. Namun pengadilan menyatakan mereka tidak bersalah. Mereka adalah aktor Saif Ali Khan, Tabu, Sonali Bendre, dan Neelam Kothari. Pada sidang putusan tersebut keempat bintang itu juga hadir.

Begitu hakim menjatuhkan putusan, Salman Khan langsung ditahan di rumah tahanan Jodhpur.

Kuasa hukum Khan, Anand Desai, mengatakan pihaknya terkejut atas putusan tersebut. Selama ini Khan menyatakan tidak bersalah atas dakwaan tersebut.

"Kami sedang mempelajari vonis - yang mengejutkan karena sepanjang penyidikan dan fakta-fakta kasus ini sama dengan dua perkara yang sudah dinyatakan bebas oleh Pengadilan Tinggi Rajasthan," kata Desai seperti dikutip CNN.

Pada Jumat (6/4/2018), pihak Salman akan hadir di pengadilan untuk mengajukan permohonan banding.

Menurut salah seorang jaksa yang menangani perkara itu, Bhawani Singh, Khan bisa mengajukan banding. Jika permohonannya diterima, Khan bisa bebas dengan jaminan atau penahanannya bisa ditangguhkan.

Menurut Times of India, pada sidang putusan itu Salman Khan ditemani dua saudara perempuannya serta pengawalnya. Ketika hakim menyatakan sang bintang bersalah, mereka langsung menangis.

Sidang yang berlangsung di Jodhpur itu mendapat penjagaan ketat. Petugas keamanan berjaga di dalam ruang sidang dan di sekeliling kompleks pengadilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X