Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wendy Cagur Terapkan 5 Hal Ini dalam Mendidik Anak

Kompas.com - 22/04/2018, 16:00 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada lima hal yang diterapkan komedian Wendy Armoko atau Wendy Cagur dalam mendidik dua anaknya, Audie Oryza Sativa (6) dan Aditya Manilkara Kauki (5).

"Pertama sih gue didik anak untuk jujur. Kedua gue mau mereka menjadi pribadi yang bebas, tapi bertanggung jawab," ujar Wendy dalam wawancara di Gedung Trans, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ketiga, kata Wendy, ia mencoba mendidik anak-anaknya agar menjadi pribadi yang pemberani. Ia ingin Audie dan Aditya berani menyatakan pendapat dalam setiap diskusi.

"Keempat pondasi. Pondasi akhlak, pondasi budi pekerti, entah itu yang menyangkut agama, pendidikan, ya kami coba tanamkan sehingga bagaimana pun kondisinya mereka sudah bisa sangat menyaring sesederhana mungkin," kata Wendy.

Pria kelahiran 8 Mei 1979 itu memberi contoh ketika mereka menonton film di bioskop.  Meskipun film itu diklasifikasikan untuk semua umur, tidak jarang ada adegan cium di dalamnya.

"Mereka reflek langsung tutup muka. Terus saat gue sama istri mau nonton film berdua, mereka nanya 'kenapa cuma berdua?' 'Ya karena ini film dewasa' 'emang ada adegan ciumannya?' 'Enggak ada' 'Terus kenapa enggak boleh?' 'Ya enggak boleh karena itu film dewasa' pokoknnya yang kayak gitu-gitu," kata Wendy.

Menurut Wendy, ia ingin sang anak bisa lancar berkomunikasi dengan orangtua tanpa hambatan. Wendy tidak mau menjadi orangtua yang membatasi tumbuh kembang sang anak.

"Yang terakhir (kelima) berusaha untuk ngasih kepercayaan kepada mereka menjalani usia mereka dengan sebaik-baiknya," ujar Wendy.

Baca juga : Wendy Cagur Dapat Kejutan Balasan dari Istri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com