Perjalanan Tong Edan (2)

Kompas.com - 21/05/2018, 17:41 WIB
Penulis Jodhi Yudono
|

Tong Edan Visual Art Exhibition digelar Bentara Budaya Jakarta, kerja sama Kompas Gramedia Group, Bentara Budaya Jakarta dan Tyaga Art Management Malang.

Pameran ini mencoba melakukan pemaknaan retrospektif sekaligus respon kreatif atas fenomena pasar malam yang sempat mengemuka di Jakarta sejak 1889.

Tentu saja Tong Edan adalah sebuah analogi, semacam metafora untuk mendeskripsikan kehidupan secara umum.

Bahwa kehidupan biasanya hanya berputar putar disekitar situ-situ saja, bahwa hidup harus terus bekerja layaknya mesin yang menderu-deru, bahwa hidup berada dalam tekanan, keceriaan, keatas, kadang melipir kebawah sekaligus mengkombinasikan antara yang absurd, relativitas religius dan tarik ulur rasionalitas.

Dalam laku keseharian, Tong Edan juga punya sebutan "Tong Setan" atau "Roda-roda gila", frasa ini menggambarkan bagaimana pertunjukan tong edan memicu adrenalin penontonnya yg dianggap sebagai keahlian yang sungguh "gila" berani menaiki kendaraan bermotor didinding seperempat miring itu.

Nah, roda "kegilaan" itu terselip dalam proses kehidupan, yang bahasa gaibnya bisa pula disebut kesetanan, kesurupan, ketidaksadaran, instingtual atau perilaku tanpa pikir panjang yang kerap kali kita temui dalam kehidupan sehari-hari, bentuk lain dari modernitas.

Tong Edan menginspirasi kegiatan pameran seni rupa yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-26, Mei 2018, hari kamis, pukul 17:30 wib(sekaligus buka puasa), di Bentara Budaya Jakarta dengan Kurator Kuss Indarto dan diresmikan oleh Bapak Rahmat Bastian(art lover and gallerist). Diiringi musikalisasi klasik oleh Hokly.

Seniman :
Aly waffa
Mayek Prayitno
Andie Aradhea
Iksan BreyKele
Angga Yuniar Santosa
Nabila Dewi Gayatri
Anis Kurniasih
Nugroho Heri Cahyono
Ariswan Adhitama
Nugroho Wijayatmo
Dira Herawatin
Rizka Suhita Parasinta
Erik Wiliean
Sinwan Aliyafy
Galuh Tajimalela
Suwandi Waeng
Hendung Tunggal Jati
Teguh Paino
Ilham Kurniawan
Tito Tryamei
Iqbal M
Tri Wahyudi
Isa Ansory
Ulil Gama
Joni Ramlan
Watoni
Jopram
Yanuar As Ben
Kasyanto
Yurisa Adhi
M.Imron
Yustoni Volunteero
M. Rizal Herlambang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.