Raline Shah Rutin Tuliskan Rasa Syukurnya di Buku Harian

Kompas.com - 26/05/2018, 19:27 WIB
Raline Shah dalam sebuah acara di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/Tri Susanto SetiawanRaline Shah dalam sebuah acara di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Raline Shah (33) rupanya rutin menulis buku harian atau diary. Ia melakukannya sejak enam bulan lalu.

"Sebenarnya dari dulu saya suka tulis di diary," ujar Raline saat dijumpai di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Raline berujar, hobi menulisnya itu tertular dari teman-temannya yang berada di Amerika Serikat.

Namun, yang ditulisnya bukanlah soal curahan hati, melainkan sesuatu yang memotivasi.

Baca juga: Terinspirasi Raline Shah, 3 Kreator Lokal Ciptakan Gaya untuk Lebaran

Raline menyebutnya sebagai '5 Minutes Journal', di mana setiap harinya ia harus menuliskan setidaknya tiga kalimat motivasi atau tiga hal positif yang membuatnya bersyukur.

"Setelah sebulan, dua bulan, kita melihat balik, kita ternyata bisa bersyukur dengan banyak sekali hal. Dan kita bisa memperbaiki diri, itu setiap harinya biarpun sedikit tapi akumulatif. Jadi, biarpun statis enggak apa-apa, asal jangan lebih parah saja. Jadi be a better me everyday," sambung Raline.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, pemain film 5CM itu tak berniat untuk memublikasikan catatan buku harian miliknya menjadi sebuah buku. Ia mengaku diary-nya hanya untuk konsumsi pribadi.

"Soalnya (diary ) yang kita tuliskan hal-hal kecil, apalagi hal yang kita syukurin, kita itu sebenarnya apa, realisasi diri kita hari ini. Misalnya hari ini aku tulis, aku bisa jalani hari dengan baik," kata Raline.

Baca juga: Raline Shah Rela Jadi Kuli Bangunan demi Aksi Sosial



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.