Pandji Pragiwaksono: Para Komika Indonesia Siap Saling Bantu

Kompas.com - 27/05/2018, 09:31 WIB
Komika dan artis peran Pandji Pragiwaksono berpose usai wawancara promo tur dunia ketiganya yaitu Pragiwaksono Stand Up World Tour 2018 di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (22/05/2018). Pandji akan memulai tur dunianya di Manila, Filipina pada 28 Juli mendatang, kemudian ke kota Shanghai dan Guangzhou di Cina, Dusseldorf dan Nuremberg di Jerman, Amsterdam di Belanda. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIKomika dan artis peran Pandji Pragiwaksono berpose usai wawancara promo tur dunia ketiganya yaitu Pragiwaksono Stand Up World Tour 2018 di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (22/05/2018). Pandji akan memulai tur dunianya di Manila, Filipina pada 28 Juli mendatang, kemudian ke kota Shanghai dan Guangzhou di Cina, Dusseldorf dan Nuremberg di Jerman, Amsterdam di Belanda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika dan artis peran Pandji Pragiwaksono mengatakan para komika Indonesia memiliki hubungan yang sangat dekat dan membentuk komunitas.

"Kalau kami berangkat dari komunitas Stand Up Indo yang lahir pada Juli 2011. Sampai hari ini komunitasnya lebih dari 150 dari Aceh sampai Papua. Nah, semua komunitas dari Aceh sampai Papua ini terkoordinasi," kata Pandji kepada Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Pandji menjelaskan, kedekatan di antara para komika di setiap daerah membuat mereka siap untuk saling membantu.

"Saking dekatnya kami semua, anak-anak Stand Up Indo, kami mau ke mana pun bisa ada tempat tinggal," ucapnya.

"Misalkan anak-anak SUCI ( Stand Up Comedy Indonesia) yang sekarang nih mereka kalau misalnya mau ke Banjarmasin mereka tinggal nge-tweet @standupBanjarmasin 'min gue mau ke sana nih bisa numpang tidur enggak ya?'. Dikasih tidur sama komunitas itu," tutur bintang film Partikelir itu.

Selain itu, komika-komika Indonesia juga kerap membuat acara yang menjadi agenda rutin mereka.

"Jadi kami tuh memang solid banget ke mana pun kami pergi selalu ada tempat untuk nginep. Itu kekeluargaan yang luar biasa dan kami rutin bikin event di mana kami ngumpul bareng," ujar Pandji.

"Kayak kemarin ada Stand Up Gunung di Kaki Gunung Merapi, dan semua komedian dari daerah datang ke situ," tambah dia.

Ikatan itulah yang membuat Pandji dan para komika senior lainnya selalu melibatkan komika-komika muda dalam setiap penggarapan karya mereka.

"Kedekatan itu yang kayaknya membuat kami saling bantu, saling tolong, saling kasih kesempatan. Mengajak komika muda untuk jadi opener tuh bukan hanya kebiasaan saya. Ernest (Prakasa) kalau tur juga gitu. Komika lain juga gitu," tutur Pandji.

Sebelum diberitakan, Pandji akan menggelar Pragiwaksono Stand Up World Tour ke lima negara. Dia akan mengajak beberapa komika lain menjadi penampil pembuka di panggungnya.

Baca juga: Pandji Pragiwaksono Ajak 6 Komika Ikut Tur karena Ingin Berbagi Inspirasi

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X