Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandji Pragiwaksono: Para Komika Indonesia Siap Saling Bantu

Kompas.com - 27/05/2018, 09:31 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komika dan artis peran Pandji Pragiwaksono mengatakan para komika Indonesia memiliki hubungan yang sangat dekat dan membentuk komunitas.

"Kalau kami berangkat dari komunitas Stand Up Indo yang lahir pada Juli 2011. Sampai hari ini komunitasnya lebih dari 150 dari Aceh sampai Papua. Nah, semua komunitas dari Aceh sampai Papua ini terkoordinasi," kata Pandji kepada Kompas.com di Menara Kompas, Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Pandji menjelaskan, kedekatan di antara para komika di setiap daerah membuat mereka siap untuk saling membantu.

"Saking dekatnya kami semua, anak-anak Stand Up Indo, kami mau ke mana pun bisa ada tempat tinggal," ucapnya.

"Misalkan anak-anak SUCI (Stand Up Comedy Indonesia) yang sekarang nih mereka kalau misalnya mau ke Banjarmasin mereka tinggal nge-tweet @standupBanjarmasin 'min gue mau ke sana nih bisa numpang tidur enggak ya?'. Dikasih tidur sama komunitas itu," tutur bintang film Partikelir itu.

Selain itu, komika-komika Indonesia juga kerap membuat acara yang menjadi agenda rutin mereka.

"Jadi kami tuh memang solid banget ke mana pun kami pergi selalu ada tempat untuk nginep. Itu kekeluargaan yang luar biasa dan kami rutin bikin event di mana kami ngumpul bareng," ujar Pandji.

"Kayak kemarin ada Stand Up Gunung di Kaki Gunung Merapi, dan semua komedian dari daerah datang ke situ," tambah dia.

Ikatan itulah yang membuat Pandji dan para komika senior lainnya selalu melibatkan komika-komika muda dalam setiap penggarapan karya mereka.

"Kedekatan itu yang kayaknya membuat kami saling bantu, saling tolong, saling kasih kesempatan. Mengajak komika muda untuk jadi opener tuh bukan hanya kebiasaan saya. Ernest (Prakasa) kalau tur juga gitu. Komika lain juga gitu," tutur Pandji.

Sebelum diberitakan, Pandji akan menggelar Pragiwaksono Stand Up World Tour ke lima negara. Dia akan mengajak beberapa komika lain menjadi penampil pembuka di panggungnya.

Baca juga: Pandji Pragiwaksono Ajak 6 Komika Ikut Tur karena Ingin Berbagi Inspirasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com