Maraknya Penipuan Agen Perjalanan, Tantangan Besar Bagi Irwansyah

Kompas.com - 02/06/2018, 22:18 WIB
Irwansyah bersama istrinya Zaskia Sungkar dalam talkshow di The Hall Senayan City, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6/2018). KOMPAS.com/ANDI MUTTYA KETENGIrwansyah bersama istrinya Zaskia Sungkar dalam talkshow di The Hall Senayan City, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Irwansyah menganggap maraknya kasus penipuan agen perjalanan sebagai tantangan untuk bisnis serupa yang sedang ia rintis. Irwansyah dan istrinya Zaskia Sungkar memiliki usaha agen perjalanan bersama.

"Ya memang isu-isu travel yang sekarang lagi marak itu tantangan terbesar buat kami. Gimana caranya kami tetap positif di mata masyarakat di tengah gosip travel yang enggak amanah," kata Irwansyah di The Hall Senayan City, Jakarta Pusat, Sabtu (2/6/2018).

Menghadapi itu, Irwansyah dan Zaskia membuat strategi khusus. Mereka mencoba menyebarkan pesan kepada para calon jemaah agar mewaspadai penawaran umrah harga murah.

"Kami mensosialisasikan kalau umrah jangan asal murah," ucap pemain film Love is Cinta itu.

Irwansyah memberi contoh misalnya Departemen Agama menetapkan harga minimal untuk perjalanan umrah senilai Rp 21 juta.

Karena itu, kata Irwansyah, travel agent yang menawarkan harga di bawah itu patut dipertanyakan.

"Jadi kalau ada travel yang netapin harga di bawah itu, berarti harus tanda tanya. Duitnya dari mana. Kalau dia jual Rp 17 juta berarti dia nalangin Rp 4 jutanya. Dari mana?" ujar Irwansyah.

"Jadi kami banyak mengedukasi lewat Instagram, YouTube, dan website kami. Untuk masyarakat tidak mengambil hal-hal yang asal murah," tambah pria kelahiran 6 Maret 1985 itu.

Di luar itu, Irwansyah bersyukur agen perjalanan umrah mereka sampai saat ini masih mendapat kepercayaan dari jemaah.

"Kami untuk sekarang belum ada (paket perjalanan) yang bintang empat, jadi bintang lima semua. Alhamdulillah kami dapat kepercayaan dari pejabat maupun teman-teman artis. Ada pejabat yang satu keluarga sampai cucu-cucunya itu umrah bareng kami," ujar Irwansyah.

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X