Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sabyan Gambus Tak Menyangka Video Musiknya Ditonton Ratusan Juta Kali

Kompas.com - 03/06/2018, 10:23 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup musik Sabyan Gambus mencuri perhatian industri musik Tanah Air dengan lagu-lagu bersyair shalawat.

Grup tersebut terdiri dari enam orang. Mereka adalah Khoirunnisa alias Nissa (vokalis), Ahmad Fairuz alis Ayus (keyboard), Sofwan Yusuf atau Wawan (perkusi), Kamal (darbuka), Tubagus Syaifulloh alias Tebe (biola), dan Anisa Rahman (backing vokal).

Dalam akun channel YouTube mereka, @Official Sabyan Gambus, lagu-lagu hasil cover mereka bahkan mendulang angka jutaan view.

Contohnya adalah lagu "Ya Habibal Qolbi" yang diunggah pada 25 Desember 2017 itu sudah ditonton lebih dari 125 juta kali. Kemudian ada "Rohman Ya Rohman" sebanyak 53 juta view dan "Ya Asyiqol" sebanyak 49 juta view.

Kesuksesan mereka berlanjut dengan membuat lagu karya sendiri. "Ya Maulana" yang dirilis pada 23 Mei 2018 sudah menembus 17 juta view. Lagu itu diciptakan oleh Ayus.

Wawan mengatakan, Sabyan adalah grup musik yang terbentuk pada 2015. Saat itu, mereka kerap mengisi acara-acara pesta pernikahan. Nama Sabyan diambil dari nama anak dari pentolan Sabyan Gambus, Ayus.

"Nama spesial dari leader kami, Ayus. Karena Sabyan itu nama anaknya (Ayus)," ujar Wawan dalam wawancara di Gedung Trans, Mampang Prapatan, Jumat (1/6/2018).

Setahun kemudian, kata Wawan, Nissa bergabung bersama Sabyan Gambus setelah sebelumnya mereka kerap menggunakan penyanyi cabutan.

Atas kesuksesan Sabyan Gambus, Wawan mengaku bersyukur bahwa grup musiknya telah mendapat tempat di industri musik Tanah Air. Hal serupa juga diungkapkan oleh Nissa, sang vokalis.

"Bersyukur. Enggak nyangka juga penonton di YouTube bisa segitu. Alhamdulillah, seneng aja sih shalawat bisa sampai sebegitu (banyak yang menonton). Mudah-mudahan shalawat bisa lebih lancar ke depannya," kata Nissa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com