Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Muda Berbagai Negara Menari Tradisi Nusantara

Kompas.com - 05/07/2018, 12:03 WIB
Jodhi Yudono

Penulis

 
JAKARTA, KOMPAS.com--Mereka datang dari berbagai negara untuk memenuhi Program Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) 2018 yang diselenggarakqn oleh Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia.

Sesampainya di Indonesia, mereka disebar ke beberapa daerah yang memiliki tradisi tari. Seperti Bali, Banyuwangi, Makassar, Kutai Kertanegara, Yogyakarta, dan Padang.

Dalam waktu tiga bulan mereka berproses dengan para seniman setempat untuk membuat komposisi tari sesuai warna yang dimiliki daerah setempat.

Maka pada Rabu malam, 4 Juli 2018, hasil proses mereka nyantrik dipentaskan di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki. Hasilnya.. tepuk tangan bersahut-sahutan pun datang dari penonton menggenapi penampilan mereka.

Dalam sambutannya, Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi mengatakan, pemerintah Indonesia menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi terhadap karya 72 Sahabat Indonesia dari 44 negara.

“Saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi atas prestasi luar biasa para peserta BSBI 2018 dalam mempelajari nilai seni, budaya, dan kearifan lokal Indonesia," ungkap Menlu dalam sambutannya.

Hadir di acara tersebut sejumlah pejabat Kementerian Luar Negeri, Gubernur DKI Jakarta, Wakil Gubernur DIY, Wakil Bupati Banyuwangi, dan wakil Pemerintah Daerah yang mengayomi pelaksanaan program BSBI 2018, Duta Besar dan kalangan diplomatik negara sahabat, akademisi, seniman, sanggar dan rumah budaya, mahasiswa universitas/perguruan tinggi dan para pelajar.
Pergelaran Indonesia Channel (Inchan) 2018 merupakan pertunjukan seni/budaya nusantara hasil studi para sahabat Indonesia yang memiliki latar belakang, bahasa, dan budaya berbeda.

Selama tiga bulan peserta BSBI berlatih di Sanggar Semarandana Denpasar; Rumah Budaya Rumata, Makassar; Sanggar Sayu Gringsing, Banyuwangi; Yayasan Seni Gubang, Kutai Kartanegara; dan Sanggar Seni, Musik dan Tari Syofyani, Padang serta Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta.

Para peserta BSBI menampilkan tari Nyawiji, Meras Gandrung, Sunar Udara, Takontu, Randai, Payung, Janger, Barong dan musik tradisional termasuk lagu Jaran Goyang yang sedang populer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com